Zelensky Dukung Pengusiran Biarawan Kristen Ortodoks, Dituding Agen Rusia

Selasa, 14 Maret 2023 - 11:25 WIB
loading...
Zelensky Dukung Pengusiran Biarawan Kristen Ortodoks, Dituding Agen Rusia
Pemandangan biara Kiev Pechersk Lavra di Kiev, Ukraina. Foto/REUTERS/Valentyn Ogirenko
A A A
KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyetujui perintah mengusir para biarawan gereja Ortodoks kanonik dari Kiev Pechersk Lavra, menyindir mereka agen Rusia.

Rusia meminta semua gereja Kristen, serta PBB dan organisasi internasional lainnya, menanggapi keputusan "keterlaluan" itu.

“Pekan ini juga ada langkah untuk memperkuat kemandirian spiritual kita,” ujar Zelensky dalam pidato mingguan kepada bangsa pada Minggu malam (12/3/2023).

“Kita tidak akan membiarkan negara teroris memiliki kesempatan untuk memanipulasi spiritualitas rakyat kami, untuk menghancurkan situs suci kami, Lavra kita, atau untuk mencuri barang berharga dari mereka,” papar presiden Ukraina itu.



Dia juga mengklaim langkah-langkah yang dilakukan pemerintahnya "sepenuhnya legal" dan mendapat dukungan penuh dari publik Ukraina.

Pada Jumat, Kementerian Kebudayaan Ukraina memberi tahu para biarawan bahwa mereka memiliki waktu hingga 29 Maret untuk mengosongkan biara.

Pemerintah mengklaim para biarawan telah melanggar perjanjian tahun 2013 di mana negara mengizinkan mereka untuk mengelola cagar alam bersejarah nasional.



Didirikan pada tahun 1051, Pechersk Lavra (Biara Gua) dianggap sebagai situs Kristen Ortodoks paling terkemuka di Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0991 seconds (0.1#10.140)