China Kecam Pendudukan Militer AS di Suriah, Menyebutnya Pencuri Minyak

Minggu, 12 Maret 2023 - 03:55 WIB
loading...
A A A
Sanksi ekonomi AS telah mengganggu upaya bantuan setelah bencana, mendorong seruan lebih lanjut dari Beijing untuk mencabut sanksi dan memungkinkan bantuan yang sangat dibutuhkan masuk ke negara itu tanpa hambatan.

Chinajuga menyoroti pencurian minyak oleh pasukan AS yang ditempatkan di timur laut Suriah yang kaya sumber daya, di mana mereka telah lama bergabung dengan kelompok milisi Kurdi.

Pada bulan Januari, Beijing menuduh Washington sebagai "bandit" dan "penjarah", merujuk statistik pemerintah daerah setempat di Suriah yang menyatakan bahwa lebih dari 80% produksi minyak harian Suriah telah diselundupkan ke luar negeri oleh pasukan pendudukan AS pada paruh pertama tahun 2022.

Pasukan AS pertama kali dikirim ke Suriah pada tahun 2014, dimulai dengan operator khusus diikuti oleh pasukan darat konvensional dan penyebaran Angkatan Udara di kemudian hari.

Meskipun Presiden Barack Obama saat itu mengeklaim misi mereka difokuskan pada memerangi teroris, Washington sebelumnya mengirim dan mengawasi pengiriman senjata dalam jumlah besar ke kelompok pemberontak jihadis yang berusaha menggulingkan pemerintah di Damaskus mulai awal 2013.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2008 seconds (0.1#10.140)