Zelensky: Jalan Akan Terbuka bagi Rusia Jika Bakhmut Mereka Rebut

Rabu, 08 Maret 2023 - 16:05 WIB
loading...
Zelensky: Jalan Akan Terbuka bagi Rusia Jika Bakhmut Mereka Rebut
Zelensky: Jalan Akan Terbuka bagi Rusia Jika Bakhmut Mereka Rebut. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan, tentara Rusia akan memiliki "jalan terbuka" ke Ukraina timur jika merebut kota Bakhmut yang terkepung. Hingga kini, pertempuran sengit masih terus berlangsung untuk memperebutkan kota itu.

“Kami memahami bahwa setelah Bakhmut, mereka (Rusia) bisa melangkah lebih jauh. Mereka bisa pergi ke Kramatorsk, mereka bisa pergi ke Sloviansk, itu akan menjadi jalan terbuka bagi Rusia setelah Bakhmut ke kota-kota lain di Ukraina, ke arah Donetsk,” katanya kepada Wolf Blitzer, CNN dalam sebuah wawancara yang akan disiarkan di Amerika Serikat (AS), Rabu (8/3/2023).



Tentara Rusia telah berjanji untuk merebut kota Bakhmut di timur Ukraina, hadiah simbolis dalam pertempuran sengit selama berbulan-bulan, sebagai pendahulu untuk serangan lebih dalam ke Ukraina.

Pertempuran untuk Bakhmut - kota tambang garam dengan populasi 80.000 jiwa sebelum perang - telah menjadi yang terpanjang dan paling berdarah dalam invasi Rusia selama lebih dari setahun, yang telah menghancurkan sebagian besar wilayah Ukraina dan membuat jutaan orang mengungsi.

Rusia tampaknya berniat merebut kota itu dengan segala cara. "Merebut (Bakhmut) akan memungkinkan untuk operasi ofensif lebih jauh ke dalam garis pertahanan Angkatan Bersenjata Ukraina," kata Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu kepada para pejabat militer.



Sementara Zelensky mengatakan kepada CNN, bahwa Angkatan Bersenjata Ukraina memutuskan untuk tetap tinggal di Bakhmut.

“Saya mengadakan pertemuan dengan kepala staf kemarin dan para komandan militer secara online dan offline dan mereka semua berbicara bahwa kita harus berdiri teguh di Bakhmut,” kata Zelensky.

“Tentu saja, kita harus memikirkan kehidupan militer kita. Tapi, kita harus melakukan apa pun yang kita bisa selagi kita mendapatkan senjata, perbekalan, dan pasukan kita bersiap untuk serangan balasan,” lanjut Zelensky.
(esn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1179 seconds (0.1#10.140)
pixels