Bulan Ramadan, Arab Saudi Pangkas Jam Kerja Bank

Rabu, 08 Maret 2023 - 05:40 WIB
loading...
Bulan Ramadan, Arab Saudi Pangkas Jam Kerja Bank
Bulan Ramadan, Arab Saudi pangkas jam kerja bank. Foto/Ilustrasi
A A A
RIYADH - Bank Sentral Arab Saudi (SAMA) mengumumkan pengurangan jam kerja selama bulan Ramadan dan tanggal libur Idul Fitri dan Idul Adha.

Bulan Ramadan adalah salah satu waktu terpenting dalam setahun bagi umat Muslim di seluruh dunia. Ini adalah waktu untuk refleksi, doa, dan puasa di siang hari.

Awal Ramadhan berubah setiap tahun berdasarkan kalender Islam, yang terdiri dari 12 bulan dengan total 354 atau 355 hari. Hal ini menyebabkan bulan puasa bergerak naik menjadi 10 hari lebih awal setiap tahunnya dalam penanggalan Masehi.

Tahun ini, bulan Ramadan diperkirakan jatuh pada 22 atau 23 Maret hingga 21 April. Namun, tanggalnya bisa berbeda berdasarkan penampakan hilal baru yang menandakan datangnya bulan Syawal, atau setelah hari ke-30 Ramadan.

Ramadhan adalah bulan kesembilan dari kalender Islam dan diamati sebagai waktu puasa, refleksi spiritual, pengabdian, dan peningkatan amal.



Di Arab Saudi, bulan suci ditandai dengan berbagai tradisi dan kebiasaan yang diikuti oleh umat Islam, serta non-Muslim yang tinggal atau berkunjung ke negara tersebut. Ini termasuk mematuhi aturan untuk menghormati adat dan puasa umat Muslim selama bulan suci.

Dalam pengumuman akhir pekan lalu, SAMA menyatakan cabang dan kantor bank beroperasi mulai pukul 10.00 hingga 16.00 waktu setempat selama bulan Ramadan.

Sementara itu, pusat pengiriman uang akan beroperasi mulai pukul 09.30 hingga 17.30 waktu setempat.

Kantor bank dan cabang musiman mereka di terminal haji bandara dan pelabuhan laut, serta di Makkah dan Madinah, serta perbatasan akan tetap dibuka untuk melayani jemaah haji dan umrah serta pengunjung selama liburan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1005 seconds (0.1#10.140)