3 Wilayah RI yang Diprediksi Frank Hoogerbeets Bakal Diguncang Gempa Besar pada Maret

Senin, 06 Maret 2023 - 14:58 WIB
loading...
3 Wilayah RI yang Diprediksi Frank Hoogerbeets Bakal Diguncang Gempa Besar pada Maret
Frank Hoogerbeets, seismolog Belanda yang prediksi gempa besar akan mengguncang tiga wilayah Indonesia pada awal Maret 2023. Foto/NTV
A A A
JAKARTA - Frank Hoogerbeets, seorang seismolog Belanda yang mendadak viral karena meramalkan gempa dahsyat di Turki dan Suriah tiga hari sebelum kejadian.

Dia baru-baru ini meramalkan bahwa gempa besar akan mengguncang beberapa wilayah Indonesia antara 2 hingga 5 Maret 2023.
Prediksinya itu disampaikan dalam video yang diunggah di channel Youtube “Solar System Geometry Survey” pada 27 Februari 2023.

Dalam video tersebut, Frank Hoogerbeets mengatakan gempa bakal terjadi di Indonesia, yang akan membentang ribuan kilometer dan mencakup tiga wilayah.



Berikut tiga wilayah Indonesia yang diprediksi Frank Hoogerbeats akan terkena gempa besar.

1. Sulawesi

Sulawesi merupakan salah satu pulau di Indonesia yang sangat rawan terhadap gempa bumi. Hal ini disebabkan oleh beberapa aktivitas tektonik yang rumit.

Secara geologi, pulau Sulawesi dan sekitarnya merupakan wilayah yang kompleks. Kompleksitas tersebut disebabkan oleh konvergensi antara tiga lempeng litosfer yaitu: Lempeng Australia yang bergerak ke utara, Lempeng Pasifik yang bergerak ke barat, dan Lempeng Eurasia yang bergerak ke selatan-tenggara.

2. Halmahera

Halmahera menjadi wilayah yang rawan gempa karena terletak di pertemuan empat lempeng keras, di antaranya adalah Lempeng Australia, Lempeng Laut Filipina, Lempeng Eurasia dan Lempeng Mindanao Timur.

Dikutip dari laman SSGEOS, sepanjang sejarahnya, Halmahera pernah terjadi gempa besar pada tanggal 4 Desember 2021 yang memiliki kedalaman hingga 160 kilometer. Gempa tersebut bermagnitudo 6,0.

3. Laut Banda

Laut Banda menjadi salah satu wilayah Indonesia bagian timur yang rawan terkena gempa. Hal ini disebabkan karena wilayahnya berada di atas Lempeng Eurasia, Lempeng Pasifik dan Lempeng Indo-Australia.

Blok Laut Banda memiliki bahaya atau ancaman yang tinggi terhadap gempa bumi dan tsunami karena terletak di wilayah kondisi tektonik yang rumit. Tiga lempeng besar itu menghimpit dan memberikan banyak dampak dalam setiap pergerakannya.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1243 seconds (0.1#10.140)