Sekjen PBB Kecam Perlakuan Negara Kaya Terhadap Negara Miskin

Minggu, 05 Maret 2023 - 18:30 WIB
loading...
Sekjen PBB Kecam Perlakuan Negara Kaya Terhadap Negara Miskin
Sekjen PBB Kecam Perlakuan Negara Kaya Terhadap Negara Miskin. FOTO/Reuters
A A A
DOHA - Sekretaris Jenderal PBB , Antonio Guterres pada Sabtu (4/3/2023), mengecam negara-negara kaya dunia dan raksasa energi karena mencekik negara-negara miskin dengan suku bunga "predator" dan harga bahan bakar yang melumpuhkan.

Berbicara di ibu kota Qatar, Doha, Guterres mengatakan kepada para pemimpin lebih dari 40 negara bagian yang paling miskin, bahwa negara-negara kaya harus menyediakan USD500 miliar per tahun untuk membantu orang lain yang “terperangkap dalam lingkaran setan” yang menghalangi upaya untuk meningkatkan ekonomi dan layanan vital.



KTT Negara Terbelakang biasanya diadakan setiap 10 tahun, tetapi telah dua kali ditunda sejak 2021 karena pandemi virus corona.

Afghanistan dan Myanmar, dua negara termiskin, tidak hadir pada pertemuan Doha dari 46 negara bagian LDC, karena pemerintah mereka tidak diakui oleh anggota PBB. Tidak ada pemimpin dari ekonomi utama dunia mana pun yang hadir.

Pada pertemuan puncak para pemimpin menjelang dimulainya konferensi umum LDC pada Minggu (5/3/2023), Guterres langsung mengecam cara negara-negara miskin diperlakukan oleh yang lebih kuat.

“Pembangunan ekonomi menjadi tantangan ketika negara-negara kekurangan sumber daya, tenggelam dalam utang, dan masih berjuang dengan ketidakadilan historis dari tanggapan COVID-19 yang tidak setara,” kata Guterres, seperti dikutip dari AFP.



LDC mengeluh bahwa mereka tidak mendapatkan bagian yang adil dari vaksin Covid-19 yang dikirim terutama ke Eropa dan Amerika Utara.

“Memerangi bencana iklim yang tidak Anda lakukan apa pun menjadi tantangan ketika biaya modal sangat tinggi” dan bantuan keuangan yang diterima “sangat sedikit,” kata Guterres.

“Raksasa bahan bakar fosil meraup untung besar, sementara jutaan orang di negara Anda tidak bisa menyediakan makanan di atas meja,” lanjutnya.

Guterres mengatakan negara-negara termiskin tertinggal dalam "revolusi digital" dan perang Ukraina telah memicu harga pangan dan bahan bakar mereka.

“Sistem keuangan global kami dirancang oleh negara-negara kaya, sebagian besar untuk keuntungan mereka,” katanya. “Kehilangan likuiditas, banyak dari Anda dikunci dari pasar modal oleh suku bunga predator,” tambah pemimpin PBB itu.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1382 seconds (0.1#10.140)