Pesawat Kiamat AS Pengirim Perintah Serangan Nuklir Akhir Dunia Muncul di Eropa

Kamis, 02 Maret 2023 - 00:01 WIB
loading...
Pesawat Kiamat AS Pengirim Perintah Serangan Nuklir Akhir Dunia Muncul di Eropa
Cuplikan tweet Komando Eropa AS memamerkan kedatangan pesawat kiamat E-6B di Islandia. Foto/Twitter/@US_EUCOM
A A A
WASHINGTON - Komando Eropa Amerika Serikat (EUCOM), Stuttgart, komando kombatan berbasis Jerman yang bertanggung jawab atas operasi militer Amerika Serikat (AS) di dan sekitar Eropa, Turki, dan Rusia, telah men-tweet foto pos komando lintas udara E-6B Mercury Angkatan Laut AS dan pesawat relai komunikasi yang baru saja mendarat di Islandia.

“Satu E-6B Mercury Angkatan Laut AS yang ditugaskan ke Komando Strategis Amerika Serikat Wing One tiba di Islandia baru-baru ini, saat melakukan operasi di area tanggung jawab Komando Eropa UE,” tweet akun EUCOM.

AS dan Rusia adalah satu-satunya dua negara di dunia yang memiliki “pesawat kiamat” atau sejenis pos komando udara yang dirancang untuk meluncurkan serangan nuklir dan bertahan dari serangan nuklir musuh.

Pesawat yang menakutkan itu diciptakan selama Perang Dingin, tetapi telah mendapatkan relevansi baru di tengah konflik proksi NATO-Rusia yang sedang berlangsung di Ukraina.



Awak pesawat dikatakan telah bertemu dengan Duta Besar AS untuk Islandia Carrin Patman serta "pemimpin diplomatik dan militer lainnya" yang tidak disebutkan namanya.

Wing One adalah sayap komando dan kontrol nuklir Angkatan Laut AS. Berbasis di Pangkalan Angkatan Udara Tinker di Oklahoma, misi utama unit ini terdiri dari menerima, memverifikasi, dan mengirimkan kembali “Pesan Tindakan Darurat (EAM) ke pasukan strategis AS.”

Dalam jargon Pentagon, EAM adalah pesan yang mengarahkan pasukan nuklir AS untuk melancarkan serangan terhadap sasaran musuh dalam kondisi perang nuklir.

Selain kemampuannya untuk mengirimkan perintah peluncuran ke kapal selam rudal balistik, pesawat dapat memesan dari jarak jauh operator berbasis darat dari silo rudal balistik antarbenua Minuteman untuk meluncurkan muatan mereka.

Perencana Pentagon juga menyoroti jaringan EAM untuk kemungkinan digunakan dalam pelaksanaan rencana “Prompt Global Strike”.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1241 seconds (0.1#10.140)