Direktur FBI: Kebocoran Laboratorium China Mungkin Penyebab Pandemi Covid-19

Rabu, 01 Maret 2023 - 17:30 WIB
loading...
Direktur FBI: Kebocoran Laboratorium China Mungkin Penyebab Pandemi Covid-19
Direktur FBI: Kebocoran Laboratorium China Mungkin Penyebab Pandemi Covid-19. FOTO/Reuters
A A A
WASHINGTON - Direktur Federal Bureau of Investigation ( FBI ), Christopher Wray mengatakan pada Selasa (28/2/2023), bahwa pihaknya menilai kebocoran dari laboratorium di Wuhan, China , kemungkinan besar menyebabkan pandemi Covid-19 .

"FBI sudah cukup lama menilai bahwa asal-usul pandemi kemungkinan besar merupakan potensi insiden laboratorium di Wuhan," kata Wray kepada Fox News.



Komentarnya mengikuti laporan Wall Street Journal Minggu lalu, bahwa Departemen Energi Amerika Serikat menilai dengan rendah keyakinan bahwa pandemi diakibatkan oleh kebocoran laboratorium yang tidak disengaja di China.

Empat lembaga lainnya, bersama dengan panel intelijen nasional, masih menilai bahwa pandemi kemungkinan besar merupakan hasil dari transmisi alami, dan dua lainnya belum diputuskan, lapor Journal.

Sebelumnya, juru bicara Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan, pemerintah AS belum mencapai kesimpulan dan konsensus pasti tentang asal mula pandemi.



Sementara Kementerian Luar Negeri China, ketika diminta untuk mengomentari laporan Wall Street Journal, yang dikonfirmasi oleh media AS lainnya, merujuk pada laporan Organisasi Kesehatan Dunia-China yang menunjuk pada asal alami pandemi, bukan kebocoran laboratorium.

Wray mengatakan, bahwa dia tidak dapat membagikan banyak detail penilaian agensi karena bersifat rahasia.

Dia menuduh pemerintah China "melakukan yang terbaik untuk mencoba menggagalkan dan mengaburkan" upaya Amerika Serikat dan lainnya untuk mempelajari lebih lanjut tentang asal-usul pandemi.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2624 seconds (0.1#10.140)