KBRI Ankara Kembali Distribusikan Bantuan Logistik Bagi WNI Terdampak Gempa Turki

Senin, 27 Februari 2023 - 15:37 WIB
loading...
KBRI Ankara Kembali Distribusikan Bantuan Logistik Bagi WNI Terdampak Gempa Turki
Tim KBRI Ankara membantu WNI yang terkena dampak gempa bumi di Turki. Foto/kbri ankara
A A A
ANKARA - Tim KBRI Ankara dan Kementerian Luar Negeri Indonesia kembali mendistribusikan bantuan logistik bagi WNI terdampak gempa di Osmaniye, Nurdagi, Belen, Harsus, Antakya, Herbia dan Iskanderun.

Bantuan logistik diberikan kembali menyusul gempa susulan berkekuatan 6,4 Skala Richter (SR) yang terjadi tanggal 20 Februari 2023 lalu.

“Pasca gempa besar terakhir, ada permintaan dari WNI di daerah terdampak. Pada umumnya mereka memilih tetap di kota-kota tersebut karena memiliki keluarga berkebangsaan Turki yang harus mereka temani. Namun kita pastikan mereka aman. Hanya membutuhkan dukungan logistik,” ujar Fajar Nuradi, diplomat senior Kementerian Luar Negeri yang berada di Hatay untuk mengkoordinasikan upaya perlindungan WNI dan bantuan kemanusian Pemerintah Indonesia.

Beberapa jenis dukungan logistik yang diminta oleh WNI di daerah terdampak pasca gempa besar terakhir antara lain genset, selimut, tenda, obat, jaket, alat pemanas dna bahan makanan.

Beberapa WNI berada di daerah terpencil guna menghindari reruntuhan gedung di wilayah perkotaan.



Sejak hari pertama gempa, KBRI Ankara terus memantau kondisi WNI di wilayah terdampak. Dari sekitar 500 WNI, 128 orang telah dievakuasi, 10 orang luka-luka dan masih terus diberikan perawatan, 4 orang meninggal dunia dan sisanya memilih ntetap tinggal di pinggiran kota di wilayah sekitar namun membutuhkan dukungan logistik dari KBRI Ankara.

Sekitar 85 orang WNI terdampak juga telah dipulangkan ke Indonesia dengan pesawat Garuda Indonesia yang membawa bantuan kemanusiaan pada tanggal 22 Februari 2023 lalu.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1793 seconds (0.1#10.140)