Lithuania Galang Dana Rp223 Miliar untuk Beli 14 Radar bagi Ukraina

Minggu, 26 Februari 2023 - 02:30 WIB
loading...
Lithuania Galang Dana Rp223 Miliar untuk Beli 14 Radar bagi Ukraina
Lithuania Galang Dana Rp223 Miliar untuk Beli 14 Radar bagi Ukraina. FOTO/Bootcampmilitary
A A A
VILNIUS - Lithuania telah menyumbangkan USD14,7 juta (Rp223 miliar) untuk membeli radar pertahanan udara untuk Ukraina . Jumlah itu terkumpul dalam penggalangan dana selama sebulan, kata penyelenggara, Sabtu (25/2/2023).

Lithuania yang termasuk negara Baltik, anggota Uni Eropa dan NATO, telah menjadi pendukung utama Ukraina sejak diserang oleh Rusia pada Februari tahun lalu.



"Pada saat genting ini, kita harus melakukan semua yang mungkin untuk menjamin dukungan kita bagi rakyat Ukraina," kata Presiden Gitanas Nauseda, seperti dikutip dari AFP.

Penggalangan dana selama sebulan berakhir pada Jumat (24/2/2023), yang juga jadi peringatan tahun pertama perang Ukraina. “Uang yang terkumpul akan digunakan untuk membeli 14 radar,” kata penyelenggara.

“Dana senilai USD14,7 juta dari orang Lithuania untuk membeli radar guna melindungi Ukraina. Dalam empat minggu. Ini dari kami. Untuk sekarang, kami akan kembali,” kicau presenter televisi Andrius Tapinas, salah seorang penyelenggara.

“Kami tidak pernah mengharapkan hasil seperti itu,” kata Jonas Ohman, salah satu sponsor utama dari inisiatif tersebut dengan gembira.



Ohman mengatakan kepada Kantor Berita Polandia PAP, bahwa radar dapat “mendeteksi semua jenis, ukuran dan kecepatan objek yang bergerak melintasi langit.”

Acara serupa diadakan di Lithuania tahun lalu dan mengumpulkan lebih dari lima juta euro, yang digunakan untuk membeli drone tempur buatan Turki untuk Kiev. Lithuania menampung hampir 75.000 pengungsi Ukraina dan telah menjanjikan bantuan sekitar 800 juta euro untuk Ukraina.

"Banyak yang menyebut ini sumbangan, tapi saya katakan ini adalah investasi untuk keamanan kami dan anak-anak kami," kata Tapinas kepada AFP.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1148 seconds (0.1#10.140)