Mengenal Agni-V, Rudal Balistik Antar Benua India dengan Kemampuan Mengerikan

Sabtu, 25 Februari 2023 - 23:15 WIB
loading...
Mengenal Agni-V, Rudal Balistik Antar Benua India dengan Kemampuan Mengerikan
Mengenal Agni-V, Rudal Balistik Antar Benua India dengan Kemampuan Mengerikan. FOTO/WION
A A A
JAKARTA - Sejumlah negara di dunia telah memiliki rudal balistik antar benua atau Intercontinental Ballistic Missile (ICBM). Dari sekian banyak, salah satunya adalah India .

Pada statusnya, India menjadi salah satu negara terpadat di dunia. Dalam hal militer, negara di kawasan Asia Selatan ini juga memiliki kekuatan yang tidak bisa diremehkan.



Tak hanya jumlah personel aktif, kekuatan militernya juga didukung berbagai persenjataan canggih yang mengerikan. Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah rudal balistik antar benua bernama Agni-V.

Lantas, seperti apakah kekuatan dari ICBM yang dimiliki India ini? Simak ulasannya berikut ini.

Agni-V menjadi salah satu senjata andalan India dalam sektor militernya. Dalam hal ini, mereka menjadi satu dari sedikit negara yang memiliki rudal balistik antar benua atau ICBM.

Mengutip laman Missile Threat, Sabtu (25/2/2023), rudal balistik antar benua ini mulai dikembangkan oleh India’s Defense Research and Development Organisation (DRDO) pada tahun 2008.



Pada perancangannya, Agni-V ini kerap disebut sebagai evolusi dari Agni-III. Adapun uji coba peluncuran pertama dilakukan pada 19 April 2012.

Saat itu, Agni-V bisa menempuh jarak lebih dari 5.000 km dan berhasil mencapai ketinggian maksimum 600 km. Pejabat DRDO terkait menyatakan bahwa rangkaian uji coba tersebut berjalan sukses dan sesuai harapan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2079 seconds (0.1#10.140)