Menegangkan! Jet Tempur China Dekati Pesawat AS dalam Jarak 152 Meter

Sabtu, 25 Februari 2023 - 08:03 WIB
loading...
Menegangkan! Jet Tempur China Dekati Pesawat AS dalam Jarak 152 Meter
Jet tempur J-11 China dekati pesawat patroli P-8 Poseidon Angkatan Laut Amerika Serikat dalam jarak sekitar 152 meter di atas Laut China Selatan, Jumat (24/2/2023). Foto/Janis Mackey Frayer/NBC News
A A A
JAKARTA - Sebuah jet tempur J-11 China mendekati pesawat patroli P-8 Poseidon Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) dalam jarak 500 kaki atau sekitar 152 meter. Konfrontasi menegangkan ini terjadi atas Laut China Selatan selama lebih dari satu jam pada hari Jumat.

Awalnya, pesawat Angkatan Laut Amerika berada di udara di atas Laut China Selatan selama beberapa jam dan tiba-tiba terdengar sebuah peringatan di radio.

“Jangan mendekat lagi atau Anda akan bertanggung jawab penuh,” bunyi peringatan tersebut, yang datang dari stasiun darat milik Angkatan Udara China.

Segera setelah itu, sebuah jet tempur J-11 China muncul sekitar 500 kaki dari sayap kiri, terbang di samping pesawat patroli maritim P-8 Poseidon Amerika. Jet tempur itu terus mendekat selama lebih dari satu jam saat melewati sebagian besar pulau tak berpenghuni yang diklaim oleh China dan negara-negara Asia Tenggara.



Pejabat AS mengatakan konfrontasi pesawat militer seperti itu, meskipun profesional, menjadi lebih sering karena Beijing dan Washington meningkatkan kampanye mereka untuk mendapatkan pengaruh di Pasifik.

Laut China Selatan yang penting secara strategis adalah tahap yang semakin menonjol untuk ketegangan yang meningkat antara dua ekonomi terbesar dunia, yang telah bentrok dalam segala hal mulai dari Taiwan hingga perang di Ukraina.

Di dalam pesawat, para perwira Angkatan Laut AS duduk di sekitar setengah lusin stasiun komputer, menganalisis gambar radar dari kamera khusus yang kuat yang dipasang di bagian luar pesawat saat melewati Kepulauan Paracel melintasi Laut China Selatan, sebelum kembali ke Pangkalan Udara Kadena di Okinawa, Jepang.

"Begitu sebuah jet tempur China datang dalam jarak 1.000 kaki, kami akan berkomunikasi dengan mereka," kata Kapten Will Toraason, komandan pesawat pengintai Angkatan Laut AS, kepada NBC News, yang dilansir Sabtu (25/2/2023).

“Biasanya kami tidak mendapat tanggapan, terkadang kami mendapat tanggapan nonverbal. Tapi secara keseluruhan kami berusaha untuk mendorong pertemuan yang aman dan profesional saat kami berdua beroperasi di wilayah udara internasional,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2312 seconds (0.1#10.140)