Timeline Setahun Rusia Invasi Ukraina

Jum'at, 24 Februari 2023 - 21:47 WIB
loading...
Timeline Setahun Rusia Invasi Ukraina
Invasi Rusia ke Ukraina sudah genap setahun pada Jumat (24/2/2023). Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Invasi Rusia ke Ukraina genap berusia setahun pada Jumat (24/2/2023). Banyak peristiwa besar terjadi sejak Rusia memutuskan menyerang tetangganya. Berikut timeline lengkapnya.

Februari 2022

Rusia pertama kali menyerang wilayah Ukraina pada 24 Februari 2022. Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov saat itu mengatakan bahwa Angkatan Bersenjata Moskow sukses menyelesaikan tugas-tugasnya pada invasi hari pertama.

Awalnya, Presiden Rusia Vladimir Putin enggan menyebut langkah tersebut sebagai perang maupun invasi. Dia lebih memilih narasi “operasi militer khusus” untuk demiliterisasi Ukraina.

Putin berdalih bahwa operasi tersebut dilakukan untuk melindungi etnis Rusia dan mencegah Ukraina bergabung dengan NATO.

Maret 2022

Pada awal Maret 2022, Rusia mengeklaim telah mengambil alih kota Kherson, yang merupakan ibu kota provinsi pada bagian pantai selatan Ukraina. Sebelum klaim keberhasilan tersebut, tentara Rusia sudah terlihat di berbagai jalan di Kherson.



Mereka juga dilaporkan memaksa masuk ke gedung dewan di Kherson. Meskipun Rusia mengaku sudah mengambil alih Kherson, namun pemerintah Ukraina enggan mengiyakan.

Menurut Ukraina, Kherson masih menjadi miliknya dan belum diambil alih oleh tentara Moskow.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1654 seconds (0.1#10.140)