Negara NATO Tolak Pasok Jet Tempur untuk Ukraina

Kamis, 23 Februari 2023 - 02:06 WIB
loading...
Negara NATO Tolak Pasok Jet Tempur untuk Ukraina
Jet tempur Mig-29 milik Ukraina. Foto/LRT
A A A
KIEV - Perdana Menteri Italia , Giorgia Meloni, mengatakan pihaknya tidak akan memasok jet tempur ke Ukraina. Pernyataannya ini sekaligus membantah laporan pers lokal yang mengklaim bahwa Roma sedang bersiap untuk mengirim beberapa pesawat tua untuk memperkuat pasukan Kiev.

Berbicara bersama Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky selama kunjungan ke Kiev pada hari Selasa lalu, Meloni diminta untuk mengomentari sebuah laporan baru-baru ini di surat kabar La Repubblica yang mengatakan Italia siap untuk menyumbangkan lima pesawat tempur AMX yang lebih tua.

“Saat ini, pasokan pesawat tidak ada di atas meja,” katanya, seraya menambahkan bahwa keputusan harus dibuat berkonsultasi dengan mitra internasional, seperti dikutip dari RT, Kamis (23/2/2023).

Sebaliknya, Meloni mengatakan Italia sedang mengerjakan paket senjata baru untuk Ukraina yang akan mencakup sejumlah sistem pertahanan udara, seperti peluncur rudal permukaan-ke-udara SAMP/T, yang akan dipasok dalam koordinasi dengan Prancis.



Sementara PM Italia itu menawarkan sedikit rincian tentang pengiriman senjata yang akan datang, Menteri Luar Negeri Antonio Tajani mengatakan pada hari Selasa bahwa Italia akan mengirimkan pertahanan udara baru dalam beberapa minggu.

Sementara itu, selama jumpa pers bersama dengan Meloni, Zelensky mengakui bahwa para pemimpin asing memiliki hak untuk memiliki posisi mereka sendiri, mengacu pada penolakan Italia untuk memasok jet.

Kedua pemimpin juga menandatangani deklarasi bersama yang menegaskan kembali dukungan mereka untuk prinsip-prinsip hukum internasional, sementara Roma berjanji untuk mempromosikan “dukungan politik dan material yang kuat dan efektif untuk Ukraina” di antara sekutu NATO dan Eropa.



Pemerintah Italia telah mengeluarkan dekrit untuk melanjutkan bantuan militer hingga tahun 2023, setelah Menteri Pertahanan Guido Crosetto berjanji untuk menjaga aliran senjata tanpa batas waktu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1826 seconds (0.1#10.140)