Bos Wagner Marah Militer Rusia Tolak Beri Amunisi untuk Tentara Bayaran

Selasa, 21 Februari 2023 - 13:22 WIB
loading...
Bos Wagner Marah Militer Rusia Tolak Beri Amunisi untuk Tentara Bayaran
Yevgeny Prigozhin (paling kiri), miliarder pendiri kelompok tentara bayaran Wagner Group Rusia. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Yevgeny Prigozhin, miliarder pendiri kelompok tentara bayaran Wagner Group , meluapkan kemarahannya setelah para pejabat militer Rusia menolak memberi amunisi kepada para tentara bayarannya yang berperang di Ukraina .

Bos Wagner Group itu tidak menyebut nama pejabat militer yang dimaksud, namun itu menunjukkan persaingan yang berkelanjutan antara dirinya dan sebagian elite Rusia.

Prigozhin, seorang pengusaha katering yang pernah menghindari sorotan publik, telah mengambil peran publik yang lebih besar dalam politik Rusia sejak dimulainya perang di Ukraina setahun yang lalu. Itu dimulai ketika Wagner Group miliknya mempelopori pertempuran selama berbulan-bulan Rusia untuk kota Bakhmut di wilayah Donetsk, Ukraina timur.



Dalam pesan audio tujuh menit yang diterbitkan pada hari Senin oleh layanan persnya, Prigozhin tampak marah dan emosional. Dia mengatakan bahwa dirinya diminta untuk "meminta maaf dan patuh" untuk mengamankan amunisi bagi para tentara bayarannya.

Kadang-kadang berbicara dengan suara tinggi dan kadang-kadang mengumpat, dia berkata: "Saya tidak dapat menyelesaikan masalah ini terlepas dari semua koneksi dan kontak saya."

Prigozhin mengatakan produksi militer Rusia sekarang cukup untuk memasok pasukan yang bertempur di garis depan dan kesulitan pasokan yang dialami para serdadunya adalah hasil dari keputusan sadar.

“Mereka yang mengganggu kami mencoba untuk memenangkan perang ini, secara langsung bekerja untuk musuh,” kesal Prigozhin, seperti dikutip Al Jazeera, Selasa (21/2/2023).

Sejak pecahnya konflik Ukraina, Prigozhin secara terbuka berseteru dengan para jenderal dan pejabat Kremlin, menuduh mereka tidak cukup semangat dalam menuntut kampanye militer melawan Kiev.

Dia telah menyimpan kritiknya yang paling keras untuk Kementerian Pertahanan Rusia, yang dia tuduh mencoba mengambil pujian atas pencapaian Wagner Group di medan perang.

Dalam pesan audionya, Prigozhin mengatakan orang-orang yang tidak disebutkan namanya yang dia salahkan atas kekurangan amunisi adalah “makan sarapan, makan siang, dan makan malam dari piring emas” dan mengirim kerabat mereka untuk berlibur ke Dubai, tujuan populer bagi elite Rusia.

Prigozhin telah menjadi salah satu pengkritik Menteri Pertahanan Sergey Shoigu yang paling berapi-api, bersikeras bahwa anak buahnya sendiri jauh lebih efektif daripada tentara reguler Rusia.

Prigozhin telah menghindari serangan pribadi dalam beberapa pekan terakhir sejak diminta untuk berhenti oleh Kremlin. Dia sebelumnya menyebut petinggi tentara sebagai "bajingan" yang harus dikirim tanpa alas kaki ke depan dengan senapan mesin.

Gedung Putih mengatakan pekan lalu bahwa Wagner Group telah menderita lebih dari 30.000 korban jiwa sejak invasi Rusia ke Ukraina.

Menurut Gedung Putih, sekitar 90 persen dari mereka yang terbunuh di Ukraina sejak Desember adalah narapidana.

Kepala Staf Umum Rusia Jenderal Valery Gerasimov ditunjuk bulan lalu untuk menjalankan perang di Ukraina, dan Sergey Surovikin yang dijuluki "Jenderal Armageddon" oleh media Rusia, diturunkan menjadi wakil komandan operasi.

Keduanya, tidak seperti Shoigu, adalah perwira militer karier. Sergey Markov, mantan penasihat Kremlin, mengatakan Surovikin masih sangat terlibat dalam operasi Ukraina meskipun diturunkan posisinya.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1511 seconds (0.1#10.140)