Putin: Gas Alam Terus Jadi Sumber Daya Utama Global pada Tahun-tahun Mendatang

Minggu, 19 Februari 2023 - 00:30 WIB
loading...
Putin: Gas Alam Terus Jadi Sumber Daya Utama Global pada Tahun-tahun Mendatang
Gas alam menjadi salah satu andalan pendapatan Rusia. Foto/sputnik
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin memprediksi gas alam akan terus menjadi sumber daya yang berharga dengan permintaan global yang tinggi untuk jangka waktu mendatang.

Berbicara melalui tautan video di acara yang didedikasikan untuk peringatan 30 tahun perusahaan energi negara Gazprom, pemimpin Rusia mencatat konsumsi gas global hampir dua kali lipat dalam 30 tahun terakhir, dan diperkirakan meningkat setidaknya 20% dalam 20 tahun ke depan.

“Dalam apa yang disebut fase transisi, permintaan akan sangat besar, dan negara-negara Asia-Pasifik akan mencapai lebih dari setengah pertumbuhan ini, terutama, tentu saja, di China, mengingat tingkat perkembangan ekonominya,” ujar Putin.

Pertumbuhan lebih lanjut dari kompleks industri gas besar yang telah didirikan di timur Rusia sangat penting secara strategis bagi negara tersebut, menurut Putin.



Mengenai Gazprom, Putin menggambarkan cadangan energi yang dieksplorasi perusahaan milik negara itu sangat besar.

“Nah, ini ladang gas Bovanenkovskoye dan Kharasaveyskoye. Yang pertama berisi 4,9 triliun meter kubik cadangan terbukti, hampir lima triliun. Yang kedua sekitar dua triliun meter kubik. Ini adalah cadangan astronomis untuk negara mana pun,” ujar kepala negara Rusia.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1074 seconds (0.1#10.140)