Macron Tolak Gulingkan Rezim Putin di Rusia, Ini Alasannya

Sabtu, 18 Februari 2023 - 12:59 WIB
loading...
Macron Tolak Gulingkan Rezim Putin di Rusia, Ini Alasannya
Presiden Prancis Emmanuel Macron menolak gagasan penggulingan rezim Presiden Vladimir Putin di Rusia untuk mengakhiri perang di Ukraina. Foto/REUTERS/Wolfgang Rattay
A A A
MUNICH - Presiden Prancis Emmanuel Macron menolak gagasan penggulingan rezim Presiden Vladimir Putin di Rusia sebagai solusi mengakhiri perang di Ukraina. Alasannya, hasil dari pergantian rezim di banyak negara terbukti gagal total.

Dia mengatakan akar penyebab konflik saat ini di Ukraina adalah bahwa baik Eropa maupun Rusia sama-sama tidak mencerna dengan baik akhir Perang Dingin setelah runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991.

Dia menekankan pentingnya mengevaluasi kembali hubungan Eropa dengan Moskow.

Namun dia mencatat bahwa waktu untuk berdialog dengan Rusia belum tiba dan Eropa perlu terus memberikan dukungan, termasuk bantuan militer, kepada Ukraina dan mencegah Moskow mencapai kemenangan militer di medan perang.



Berbicara di Konferensi Keamanan Munich pada hari Jumat, Macron memberikan pendapatnya tentang "pola pikir Rusia", yang menyatakan bahwa setelah runtuhnya Uni Soviet, Moskow tidak memahami akhir dari sebuah "kerajaan" dan terus memendam kebencian dan obsesi terhadap "kerajaan geopolitik".

Pada saat yang sama, Macron mengakui bahwa Barat juga gagal mencerna pendekatannya terhadap Moskow, tetapi mencatat bahwa penilaian dan advokasinya tentang masalah ini mungkin sudah terlambat.

Pemimpin Prancis itu melanjutkan dengan menyatakan bahwa dia tidak percaya sedetik pun dalam perubahan rezim di Rusia, dengan alasan bahwa metode seperti itu tidak mungkin mengarah pada sesuatu yang positif atau menyelesaikan konflik yang sedang berlangsung di Ukraina.

“Ketika saya mendengar banyak orang menganjurkan perubahan rezim, saya hanya akan bertanya kepada mereka: untuk perubahan yang mana? Siapa yang berikutnya? Siapa pemimpin Anda? Bagaimana menerapkannya? Kami mengalami beberapa kali dalam dekade terakhir banyak perubahan rezim di banyak negara. Ini gagal total,” kata Macron, seperti dikutip Russia Today, Sabtu (18/2/2023).

Dia menekankan, bagaimanapun, bahwa penting bagi Eropa untuk membantu Ukraina menyelamatkan wilayah, rakyat, dan kedaulatannya, dan membantu Kiev menciptakan sesuatu di lapangan yang akan memaksa Rusia untuk datang ke meja perundingan tentang kondisi Ukraina.

Macron adalah salah satu dari sedikit pemimpin Barat yang mempertahankan kontak dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, meskipun banyak dari panggilan teleponnya dilaporkan atas permintaan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, yang telah menolak berbicara dengan kepemimpinan Rusia.

Meski Macron telah berulang kali menyerukan gencatan senjata yang tidak “mempermalukan Rusia", Prancis tetap terus memberi militer Kiev senjata yang semakin berat, mengumumkan bulan lalu pengiriman kendaraan tempur infanteri ke pasukan Ukraina dan mengisyaratkan
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1818 seconds (0.1#10.140)