Rusia dan Ukraina Lakukan Pertukaran 202 Tawanan Perang

Sabtu, 18 Februari 2023 - 01:30 WIB
loading...
Rusia dan Ukraina Lakukan Pertukaran 202 Tawanan Perang
Rusia dan Ukraina Lakukan Pertukaran 202 Tawanan Perang. FOTO/Anadolu Agency
A A A
MOSKOW - Rusia dan Ukraina bertukar 202 tawanan perang dalam pertukaran tahanan terbaru mereka pada Kamis (16/2/2023). Sebelumnya, Rusia dan Ukraina telah beberapa kali melakukan pertukaran tahanan perang.

“Pesawat angkut militer Angkatan Udara Rusia akan mengantarkan prajurit yang dibebaskan ke Moskow untuk perawatan dan rehabilitasi di institusi medis Kementerian Pertahanan Rusia,” kata Kementerian Pertahanan Rusia, seperti dikutip dari Reuters.



Kementerian Pertahanan Rusia juga mengatakan, 101 tentara Rusia yang ditangkap dikembalikan dari wilayah yang berada di bawah kendali pemerintahan Kiev sebagai hasil negosiasi yang alot.

Sementara Andriy Yermak, Kepala Staf Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy memposting gambar sejumlah prajurit Ukraina berpose untuk difoto setelah dibebaskan. Dia mengatakan 100 tentara dan satu warga sipil telah dikembalikan.

“Hampir semua tawanan adalah personel yang mempertahankan kota Mariupol di selatan yang terkepung sebelum jatuh ke tangan pasukan Rusia,” kata Yermak di Telegram.



“Kami terus membawa kembali warga Ukraina dari tawanan. Hari ini seratus prajurit kami dan satu warga sipil kembali ke rumah,” lanjutnya. “Enam puluh tiga tahanan yang dibebaskan telah ditangkap dalam pengepungan Rusia atas pabrik baja Azovstal di Mariupol,” tambah Yermak.

Awal bulan ini, Zelenskiy mengatakan bahwa sejak dimulainya konflik Februari lalu, Ukraina telah membebaskan 1.762 pria dan wanita dari tawanan Rusia.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1888 seconds (0.1#10.140)