Staf Delapan Bandara di Jerman Mogok Kerja, 1.300 Penerbangan Dibatalkan

Sabtu, 18 Februari 2023 - 00:30 WIB
loading...
Staf Delapan Bandara di Jerman Mogok Kerja, 1.300 Penerbangan Dibatalkan
Staf Delapan Bandara di Jerman Mogok Kerja, 1.300 Penerbangan Dibatalkan. FOTO/Reuters
A A A
FRANKFURT - Puluhan ribu pelancong mengalami penundaan dan pembatalan penerbangan pada Jumat (17/2/2023). Kondisi ini terjadi karena para pekerja di 8 bandara di Jerman melakukan pemogokan untuk menuntut pembayaran yang lebih baik.

Pemogokan sehari penuh, yang diminta oleh serikat pekerja Verdi, mendorong maskapai terbesar Jerman Lufthansa membatalkan lebih dari 1.300 penerbangan di dua hub tersibuknya, Frankfurt dan Munich.



"Pemogokan tersebut diperkirakan akan berdampak kuat, terutama pada lalu lintas udara domestik, mulai dari penundaan hingga pembatalan bahkan penutupan sebagian lalu lintas udara," kata Verdi dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari AFP.

Asosiasi bandara Jerman ADV menyebut aksi pemogokan itu "sama sekali tidak dapat diterima", dengan mengatakan hal itu akan memengaruhi sekitar 295.000 penumpang dan lebih dari 2.300 penerbangan secara bersamaan.

"Solusi harus ditemukan di meja perundingan dan bukan dengan mengorbankan penumpang," kata kepala ADV, Ralph Beisel dalam sebuah pernyataan. Bandara lain yang terkena dampak berada di kota Bremen, Dortmund, Hamburg, Hanover, Leipzig, dan Stuttgart.

Verdi saat ini memimpin negosiasi untuk pekerja sektor publik, awak bandara, dan staf keamanan penerbangan, menuntut gaji yang lebih baik pada saat pekerja melihat pendapatan mereka terkikis oleh biaya hidup yang lebih tinggi.



Verdi membela pemogokan tersebut, dengan mengatakan tindakan gabungan selama sehari kurang nyaman bagi penumpang daripada beberapa pemogokan pada hari yang berbeda. Putaran pembicaraan berikutnya dengan pengusaha dijadwalkan pada 22 Februari dan 23 Februari.

Bandara Frankfurt dan Hamburg mengimbau penumpang untuk tidak datang ke bandara sama sekali. Mereka yang bepergian di Jerman disarankan untuk beralih ke perjalanan kereta api. Bandara Munich membatalkan semua penerbangan penumpang regulernya.

Verdi mengatakan pemogokan nasional tidak akan berdampak pada penerbangan pengiriman bantuan ke Suriah dan Turki yang dilanda gempa, atau pesawat yang membawa para pemimpin yang menghadiri Konferensi Keamanan Munich tahunan.

Pemogokan itu mengakhiri minggu yang kacau untuk perjalanan udara di Jerman. Sebelumnya, Lufthansa terpaksa membatalkan atau menunda penerbangan pada hari Rabu karena pemadaman TI besar-besaran yang disebabkan oleh pekerjaan konstruksi di Frankfurt.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1309 seconds (0.1#10.140)