Dua Hari Berturut-turut, AS Cegat 4 Jet Tempur Rusia Dekat Alaska

Jum'at, 17 Februari 2023 - 15:03 WIB
loading...
Dua Hari Berturut-turut, AS Cegat 4 Jet Tempur Rusia Dekat Alaska
Dua hari berturut-turut, AS cegat jet tempur Rusia di dekat Alaska. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Pentagon mengatakan militer Amerika Serikat (AS) mencegat empat pesawat militer Rusia pada Hari Valentine atau Selasa lalu saat mereka mendekati Zona Identifikasi Pertahanan Udara Alaska (ADIZ).

"Pesawat Rusia termasuk (pesawat pembom) TU-95 BEAR-H, jet tempur Su-30 dan jet tempur SU-35," menurut pernyataan dari Komando Pertahanan Ruang Angkasa Amerika Utara (NORAD) seperti dikutip dari Al Arabiya, Jumat (17/2/2023).

Dua jet tempur F-35 digunakan untuk mencegat pesawat Rusia, didukung oleh dua jet tempur F-16, satu E-3 Sentry (AWACS) dan dua Stratotanker KC-135.

NORAD mengatakan bahwa pesawat Rusia tidak memasuki wilayah udara kedaulatan Amerika atau Kanada.

Ini adalah pencegatan kedua pesawat Rusia minggu ini, yang menurut NORAD tidak dianggap provokatif. Sebelumnya dua jet tempur F-16 mencegat empat pesawat Rusia di dekat Alaska pada hari Senin.



“Seperti sebelumnya, NORAD telah mengantisipasi aktivitas Rusia ini dan, sebagai hasil dari perencanaan kami, siap mencegatnya,” bunyi pernyataan tersebut.

Tetapi NORAD menilai bahwa pencegatan terakhir "sama sekali tidak terkait" dengan operasi baru-baru ini dengan objek udara di atas AS dan Kanada selama dua minggu terakhir.

Sebelumnya sebuah balon mata-mata China terlihat melintasi AS dua minggu lalu dan ditembak jatuh di lepas pantai Carolina Selatan setelah melakukan perjalanan ke seluruh negeri.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2376 seconds (0.1#10.140)