PBB Sebut 5 Juta Warga Suriah Kehilangan Tempat Tinggal Pasca Gempa

Minggu, 12 Februari 2023 - 19:40 WIB
loading...
PBB Sebut 5 Juta Warga Suriah Kehilangan Tempat Tinggal Pasca Gempa
PBB Sebut 5 Juta Warga Suriah Kehilangan Tempat Tinggal Pasca Gempa. FOTO/Reuters
A A A
DAMASKUS - Lebih dari lima juta warga Suriah mungkin kehilangan tempat tinggal setelah gempa dahsyat pada awal pekan ini yang melanda negara itu dan tetangganya, Turki. Hal itu diungkapkan seorang pejabat PBB.

"Sebanyak 5,3 juta orang di Suriah mungkin kehilangan tempat tinggal akibat gempa," kata Sivanka Dhanapala, perwakilan Suriah dari Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR), seperti dikutip dari Al Jazeera, Jumat (10/2/2023). “Itu jumlah yang sangat besar dan datang ke populasi yang sudah menderita pemindahan massal,” lanjutnya.



“Untuk Suriah, ini adalah krisis di dalam krisis. Kami mengalami guncangan ekonomi, COVID dan sekarang berada di musim dingin yang dalam, dengan badai salju mengamuk di daerah yang terkena dampak,” tambahnya.

Korban yang selamat dari gempa berkekuatan 7,8 dan 7,6 telah berbondong-bondong ke kamp-kamp yang didirikan untuk orang-orang yang terlantar akibat perang selama hampir 12 tahun dari bagian lain Suriah. Banyak yang kehilangan rumah atau terlalu takut untuk kembali ke bangunan yang rusak.

Sekitar 24.000 orang telah meninggal di seluruh Turki dan Suriah karena gempa tersebut – lebih dari 3.300 orang di Suriah.



“UNHCR telah mengalirkan bantuan ke bagian-bagian yang terkena dampak parah di Suriah, tetapi itu sangat-sangat sulit. Ada 6,8 juta orang yang sudah mengungsi di dalam negeri. Dan ini terjadi sebelum gempa bumi,” kata Dhanapala.

Sementara itu, konvoi bantuan PBB kedua yang terdiri dari 14 truk telah menyeberang ke daerah yang dikuasai pemberontak di Suriah – setelah enam kendaraan pertama masuk pada hari Kamis.

Pemerintah Suriah mengatakan akan mengizinkan pengiriman bantuan ke daerah-daerah yang dikuasai pemberontak di luar kendalinya, bekerja sama dengan PBB dan organisasi kemanusiaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1480 seconds (0.1#10.140)