WHO: Hampir 26 Juta Orang Terdampak Gempa Bumi Turki-Suriah

Minggu, 12 Februari 2023 - 15:40 WIB
loading...
WHO: Hampir 26 Juta Orang Terdampak Gempa Bumi Turki-Suriah
WHO: Hampir 26 Juta Orang Terdampak Gempa Bumi Turki-Suriah. FOTO/Reuters
A A A
JENEWA - Hampir 26 juta orang terkena dampak gempa mematikan yang melanda Turki dan Suriah awal pekan ini, kata WHO, Sabtu (11/2/2023). WHO juga memperingatkan bahwa puluhan rumah sakit telah rusak.

Ketika jumlah korban tewas akibat gempa meningkat di atas 25.000, badan kesehatan PBB itu meluncurkan seruan kilat meminta USD42,8 juta untuk membantu mengatasi kebutuhan kesehatan yang mendesak dan menjulang tinggi.



Seperti dilaporkan AFP, WHO telah mengeluarkan USD16 juta dari dana daruratnya. Sebelumnya, WHO mengatakan hingga 23 juta orang dapat terkena dampak gempa ini. Tetapi pada hari Sabtu, jumlahnya meningkat menjadi hampir 26 juta, dengan 15 juta orang terkena dampak di Turki dan hampir 11 juta di Suriah yang dilanda perang.

Di antara mereka, lebih dari lima juta orang dianggap sangat rentan, termasuk hampir 350.000 lansia dan lebih dari 1,4 juta anak-anak. WHO memperkirakan bahwa di Turki, di mana lebih dari 4.000 bangunan runtuh akibat gempa, 15 rumah sakit mengalami kerusakan sebagian atau berat.

Sementara di Suriah, di mana sistem perawatan kesehatan telah dirusak oleh perang saudara selama 12 tahun, setidaknya 20 fasilitas kesehatan di barat laut yang terkena dampak paling parah, termasuk empat rumah sakit, mengalami kerusakan.



Hal ini membuat semakin sulit untuk membantu puluhan ribu orang yang terluka dalam bencana tersebut.
“Dan sementara layanan medis darurat telah kewalahan dengan pasien trauma, layanan kesehatan esensial telah sangat terganggu,” sebut pernyataan WHO.

WHO juga mengatakan, ada kebutuhan mendesak untuk perawatan trauma segera, perawatan rehabilitasi pasca-trauma, obat-obatan esensial, pencegahan dan pengendalian untuk mencegah wabah penyakit dan akses ke dukungan kesehatan mental.

“Tujuan WHO adalah untuk menyelamatkan nyawa segera setelah bencana, untuk meminimalkan konsekuensi kesehatan hilirnya, termasuk kesehatan mental, dan dengan cepat memulihkan layanan kesehatan esensial di semua populasi yang terkena dampak gempa,” lanjut pernyataan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2207 seconds (0.1#10.140)