Terungkap, Kapal Induk Inggris Kejar Kapal Selam China

Minggu, 12 Februari 2023 - 00:40 WIB
loading...
A A A
"Kami mengalahkan mereka 1-0 [untuk] Queen Elizabeth," imbuh perwira tersebut.

Kapal selam kelas Kilo pertama kali di-ping oleh fregat HMS Richmond—bagian dari Kelompok Tempur Kapal Induk HMS Queen Elizabeth—saat kapal induk berbobot 65.000 ton itu berlayar melewati Laut China Selatan.

Pertemuan menegangkan itu diabadikan oleh BBC dalam film dokumenternya "The Warship: Tour of Duty".

Di bawah kegelapan, helikopter Merlin spesialis pemburu kapal selam dikerahkan untuk menemukan kapal selam China yang bersembunyi di bawah ombak.

"Jika ada kapal selam di bawah sana, kami akan menemukannya," kata salah satu awak helikopter Merlin, di mana penerbang Angkatan Laut kemudian mengumumkan: "Kami telah mengidentifikasi satu kapal di 20 mil laut ke selatan."

Terlihat oleh tim Inggris, kapal selam China mundur dari kelompok Tempur Kapal Induk HMS Queen Elizabeth.

"Jika ini berada dalam skenario yang berbeda, situasi konflik, itu akan membuktikan bahwa kami telah mendeteksi sesuatu, dalam waktu yang cukup [dan] melindungi badan utama kapal induk."

"Maka Anda bisa memulai rantai senjata terhadap kapal selam yang terdeteksi untuk menetralisir ancaman. Jadi kami mengalahkan mereka sampai: 1-0 [untuk] HMS Queen Elizabeth."

Laksamana Lord Alan West, mantan kepala Angkatan Laut Kerajaan, mengatakan pertemuan itu "sangat mengesankan" dan menunjukkan reputasi menakutkan Inggris sebagai salah satu Angkatan Laut pemburu kapal selam.

"Kelompok Tempur kapal induk—jika memiliki aset pendukung penuh—sangat kuat," kata pensiunan perwira itu kepada MailOnline.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)