Banyak Apartemen Ambruk Akibat Gempa, Standar Bangunan Turki Dipertanyakan

Sabtu, 11 Februari 2023 - 16:37 WIB
loading...
Banyak Apartemen Ambruk Akibat Gempa, Standar Bangunan Turki Dipertanyakan
Banyak apartemen yang ambruk akibat gempa bumi membuat standar bangunan Turki di pertanyakan. Foto/Ilustrasi
A A A
ISTANBUL - Gempa berkekuatan 7,8 magnitudo di awal pekan ini menimbulkan kehancuran parah di sejumlah wilayah di Turki . Kehancuran itu pula yang membuat jumlah korban tewas hingga menembus angka puluhan ribu jiwa.

Apartemen-apartemen banyak yang hancur, menyisakan puing. Bangunan baru dan lama, beberapa dibangun baru berusia enam bulan, runtuh akibat guncangan gempa. Lainnya diratakan seperti pancake beton.

Muncul pertanyaan dan kemarahan, mengapa di negara dengan banyak garis patahan dan sejarah guncangan besar, kualitas bangunan sangat buruk, sehingga bangunan runtuh seperti kertas.

Para ahli mengatakan, Turki memiliki peraturan untuk mencegah bencana semacam itu. Tapi, itu hanya diterapkan secara longgar oleh perusahaan konstruksi. Sejumlah perusahaan konstruksi besar diketahui memiliki kedekatan dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan.



Para pejabat mengatakan 12.141 bangunan hancur atau rusak parah di Turki. “Karena gempa pertama begitu besar, kerusakan sudah diperkirakan. Tetapi, bukan jenis kerusakan yang Anda lihat sekarang," kata Mustafa Erdik, seorang profesor di Universitas Bogazici yang berbasis di Istanbul, seperti dikutip dari AFP.

“Bahkan jika sebuah bangunan roboh, orang biasanya dapat bersembunyi sampai para pencari dapat menyelamatkan mereka. Tapi kali ini, bangunan mengalami "runtuh serabi”. Lantainya bertumpuk satu sama lain,” lanjutnya.

Penyebab bangunan runtuh biasanya terkait dengan kualitas beton yang buruk, yang terkadang tercampur dengan terlalu banyak air dan kerikil, dan terlalu sedikit beton, menurut Zihni Tekin, seorang konsultan di Universitas Teknik Istanbul.



“Alasan lainnya termasuk batang baja yang terlalu tipis untuk menopang kolom, yang membatasi kekuatan bangunan,” jelas Tekin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1722 seconds (0.1#10.140)