Putin: Hilangnya Merek-merek Barat adalah Keuntungan Rusia

Jum'at, 10 Februari 2023 - 16:42 WIB
loading...
Putin: Hilangnya Merek-merek Barat adalah Keuntungan Rusia
Pemandangan bangunan tempat tinggal di depan Moscow International Business Center, juga dikenal sebagai Moskva-City, di Moskow, Rusia. Foto/REUTERS/Sergei Karpukhin
A A A
MOSKOW - Banyak brand (merek) dan bisnis asing meninggalkan Rusia bukan atas kemauan mereka sendiri tetapi karena mereka merasa tertekan untuk melakukannya, dan akibatnya menderita secara finansial.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan hal itu pada Kamis (9/2/2023) saat pertemuan dewan pengawas Badan Inisiatif Strategis.

Menurut Putin, Moskow, bagaimanapun, tidak akan memaksa siapa pun untuk tetap tinggal di Rusia.

“Banyak dari mereka, seperti yang Anda ketahui, di bawah tekanan pemerintah mereka, meninggalkan pasar kita. Yah, semua yang terbaik untuk mereka. Namun, karena hilangnya pasar kita, mereka mengalami kerugian besar. Itu pilihan mereka, itu keputusan mereka,” ujar Putin, mencatat banyak dari perusahaan itu “melakukannya tanpa kesenangan.”



“Siapa yang ingin kehilangan bisnis mapan di mana mereka menginvestasikan tenaga, uang? Ini bahkan bukan tentang uang kadang-kadang, banyak yang telah menginvestasikan hati mereka, tetapi di bawah tekanan dari pemerintah mereka terpaksa pergi,” papar Putin.

Menurut Putin, Rusia tidak akan membiarkan berbagai aset dan infrastruktur yang ditinggalkan perusahaan-perusahaan ini menjadi sia-sia, dan industri dalam negeri bahkan mungkin mendapat manfaat dari situasi tersebut.

“Mereka meninggalkan warisan yang baik, bisa dikatakan, mereka meninggalkan infrastruktur produksi, personel yang terlatih dengan baik. Mungkin seseorang berpikir bahwa semua ini akan segera runtuh dan berantakan, hal semacam ini tidak terjadi,” ungkap dia.



“Perusahaan kita, pengusaha kita mengambil perusahaan dan bisnis ini serta melanjutkan pekerjaan ini. Dan cukup berhasil,” ujar presiden Rusia itu meyakinkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1893 seconds (0.1#10.140)