Rusia Ancam Inggris Jika Kirim Jet Tempur ke Ukraina: Bakal Panen Berdarah

Kamis, 09 Februari 2023 - 18:04 WIB
loading...
Rusia Ancam Inggris Jika Kirim Jet Tempur ke Ukraina: Bakal Panen Berdarah
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky minta Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak untuk mengirim jet tempur ke Kiev. Rusia mengancam Ingggris jika melakukannya. Foto/REUTERS/Peter Nicholls/Pool
A A A
LONDON - Rusia mengancam akan merespons keras jika Inggris nekat mengirim jet tempur ke Ukraina .

"Rusia akan menemukan respons atas setiap langkah tidak bersahabat yang diambil oleh pihak Inggris," kata Kedutaan Besar Rusia di London dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip The Moscow Times, Kamis (9/2/2023).

Kedutaan Rusia mengatakan langkah pengiriman jet tempur akan membuat London memikul tanggung jawab atas "panen berdarah" dari putaran eskalasi berikutnya. "Serta konsekuensi militer dan politik yang diakibatkannya untuk benua Eropa dan seluruh dunia," lanjut kedutaan tersebut.



Pada hari Rabu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengunjungi London di mana dia mendesak sekutunya untuk mengirim pesawat tempur untuk melawan invasi Rusia.

Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak mengatakan tidak ada yang salah dalam hal bantuan militer untuk Ukraina.

"Jet tempur untuk Ukraina adalah bagian dari pembicaraan," kata Sunak dalam konferensi pers bersama dengan Zelensky.

Kantor PM Inggris mengatakan Sunak telah meminta Menteri Pertahanan Ben Wallace untuk memeriksa pesawat tempur apa yang dapat disuplai Inggris, tetapi menekankan setiap langkah potensial untuk melakukannya tidak akan segera terjadi.

Sunak membantah Inggris hanya diam ketika ditanya apa yang menahannya dari mengirim jet tempur ke Ukraina.

“Saya pikir kami telah menjadi negara terdepan dalam upaya membawa kemenangan Ukraina,” katanya, menunjuk pada keputusan untuk mengirim tank Challenger 2, yang dia konfirmasikan akan tiba minggu depan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1251 seconds (0.1#10.140)