Zelensky Minta Jet Tempur, Ini Jawaban PM Inggris

Kamis, 09 Februari 2023 - 05:41 WIB
loading...
Zelensky Minta Jet Tempur, Ini Jawaban PM Inggris
PM Inggris Rishi Sunak dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Foto/Sky News
A A A
LONDON - Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak mengatakan "semua sedang dipertimbangkan" terkait dengan membantu Ukraina dalam perang melawan Rusia dan jet tempur adalah bagian daripembicaraanterkait bantuan tersebut.

Ia mengatakan hal itu setelah Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menggunakan pidatonya di Westminster Hall untuk mendesak Inggris dan sekutu Barat buat memberikan "sayap kebebasan" dengan memasok jet canggih kepada angkatan udaranya.

Kemudian saat mengunjungi situs militer di Dorset, Zelensky meminta Sunak "untuk memberikan kejelasan mutlak" tentang apakah Ukraina akan menerima bantuan jet tempur dari Inggris dan, jika ya, kapan.

"Kami sudah sangat jelas dan sudah lama kami jelas bahwa dalam hal pemberian bantuan militer ke Ukraina, semua sedang dipertimbangkan," kata Sunak.

“Ketika berbicara tentang pesawat tempur tempur tentu saja mereka menjadi bagian dari pembicaraan,” imbuhnya seperti dikutip dari Sky News, Kamis (9/2/2023).

Setelah Barat sepakat untuk mengirimkan tank ke Ukraina, Kiev lantas meminta jet tempur untuk menghalau invasi Rusia.

Pada konferensi pers, Zelenskyy mengatakan bahwa tanpa bantuan militer akan ada stagnasi, tentara Rusia akan tinggal di wilayah Ukraina dan ini menimbulkan risiko besar bagi seluruh dunia.



Kantor Perdana Menteri Inggris mengatakan Sunak telah meminta Menteri Pertahanan Ben Wallace untuk menyelidiki pesawat tempur apa yang dapat disuplai Inggris, tetapi menekankan setiap langkah potensial untuk melakukannya tidak akan segera terjadi.

Sunak membantah Inggris hanya diam ketika ditanya apa yang menahannya dari mengirim jet tempur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1330 seconds (0.1#10.140)