Kunjungi Korban Gempa, Erdogan: Tidak Ada yang Siap Hadapi Bencana Ini

Kamis, 09 Februari 2023 - 02:14 WIB
loading...
Kunjungi Korban Gempa, Erdogan: Tidak Ada yang Siap Hadapi Bencana Ini
Presiden Turki Recep Tayyep Erdogan mengunjungi lokasi gempa dan bertemu dengan para korban selamat. Foto/Anadolu
A A A
ANKARA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdoganmelakukan kunjungan pertamanya ke wilayah yang paling parah terkena dampak gempa sejak gempa bumi berkekuatan 7,8 dan 7,5 skala Richter melanda. Kunjungan itu dilakukan saatkorban tewas akibat gempa bumi yang melanda Turki dan Suriah sendiri terus merangkak naik dan tim penyelamat terus mengeluarkan korban selama dari puing-puing yang membeku.

Dalam kesempatan itu, Erdogan menolak kritik yang berkembang atas respons pihak berwenang terhadap gempa bumi dahsyat pada Senin lalu.Erdogan mengakui Turki sempat mengalami masalah dalam merespons bencana itu tetapi mengatakan sekarang semua telah bekerja dengan baik.

“Tentu ada kekurangan. Kondisinya jelas terlihat. Tidak mungkin siap menghadapi bencana seperti ini,” kata Erdogan dalam kunjungan ke Hatay, provinsi selatan yang memiliki jumlah kematian tertinggi di negara itu seperti dikutip dari The Guardian, Kamis (9/2/2023).

Banyak warga Turki yang mengeluhkan kurangnya peralatan dan dukungan saat mereka menunggu tanpa daya di samping puing-puing blok apartemen mereka, tidak dapat menyelamatkan kerabat dan tetangga yang terjebak di dalam puing-puing meskipun terkadang terdengar teriakan minta tolong.



Sebaliknya, Erdogan malah mengutuk kritik yang meningkat terhadap upaya penyelamatan.

“Ini adalah waktu untuk persatuan, solidaritas. Saya tidak bisa menerima orang yang melakukan kampanye negatif untuk kepentingan politik,” kata Erdogan, yang akan menghadapi pemilihan pada bulan Mei.

Erdogan mengatakan 9.057 orang dipastikan tewas di Turki setelah gempa kembar tersebut. Menurut pejabat Suriah dan kelompok penyelamat di Suriah barat laut yang dikuasai pemberontak, jumlah korban tewas di sana telah mencapai 2.662, sehingga jumlah gabungan menjadi 11.719.

Para ahli memperkirakan jumlah korban di kedua negara akan meningkat lebih jauh, dan mungkin lebih dari dua kali lipat, karena ratusan bangunan yang runtuh di banyak kota telah menjadi kuburan bagi orang-orang yang sedang tidur ketika gempa pertama melanda di pagi hari.

Erdogan, yang mewaspadai dampak dari persepsi kegagalan pemerintahnya dalam menanggapi gempa paling mematikan di Turki sejak 1939, telah mengumumkan keadaan darurat di daerah yang terdampak gempa dan mengirim pasukan untuk membantu.



Dia juga menjanjikan perumahan baru dalam setahun bagi mereka yang kehilangan tempat tinggal di 10 provinsi yang terkena dampak, di mana diperkirakan 64.000 bangunan telah hancur.

Kemal Kilicdaroglu, pemimpin partai oposisi utama Turki, pada hari Rabu menuduh pemerintah Turki telah gagal bekerja sama dengan otoritas lokal dan melemahkan organisasi non-pemerintah yang dapat membantu.

“Saya menolak untuk melihat apa yang terjadi di atas politik dan bersekutu dengan partai yang berkuasa. Keruntuhan ini sebenarnya adalah hasil dari politik pencatutan yang sistematis,” kata Kilicdaroglu.

“Jika ada yang bertanggung jawab atas proses ini, itu adalah Erdogan. Partai yang berkuasa inilah yang tidak mempersiapkan negara untuk gempa bumi selama 20 tahun,” imbuhnya.



(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1683 seconds (0.1#10.140)