Dubes RI untuk Turki Ungkap 2 WNI Meninggal Akibat Gempa

Rabu, 08 Februari 2023 - 19:54 WIB
loading...
Dubes RI untuk Turki Ungkap 2 WNI Meninggal Akibat Gempa
Seorang wanita menangis histeris sambil memeluk anggota keluarganya, di dekat puing-puing setelah gempa bumi di Hatay, Turki, 7 Februari 2023. Foto/REUTERS/Umit Bektas
A A A
ANKARA - Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Turki Lalu Muhammad Iqbal menjelaskan warga negara Indonesia (WNI) yang meninggal dunia akibat gempa di Turki ada 2 orang.

“Jadi yang meninggal di Kahramanmaras adalah 1 ibu WNI dan 1 orang anak usia satu tahun. Karena aturannya kan anak di bawah 18 tahun otomatis boleh pegang paspor Indonesia. Jadi hitungannya 2 WNI yang meninggal dunia,” papar Dubes Lalu Muhammad Iqbal.

Dubes menambahkan, “Anak tersebut adalah anak kandung dari Nia Marlinda, korban tewas akibat gempa.”

Sebelumnya dilaporkan, satu WNI bernama Nia Marlinda asal Bali dan seorang anak berusia 1 tahun serta suami warganegara Turki di Kahramanmaras ditemukan meninggal dunia karena tertimbun reruntuhan.



Kolonel Amir, Atase Pertahanan RI KBRI Ankara, yang memimpin Tim Evakuasi ke Kahramanmaras telah memastikan pemulasaraan almarhumah dan KBRI telah mengkomunikasikan hal tersebut kepada keluarga almarhumah. Almarhumah dan keluarga akan dimakamkan hari ini di Kahramanmaras.

Tim Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Turki yang dipimpin langsung oleh Dubes RI sudah tiba di daerah gempa pada tanggal 7 Februari 2023 pukul 21.30 waktu setempat.

Mereka telah melalui perjalanan darat sekitar 17 jam karena kondisi jalan yang rusak dan dipenuhi puing. Jalan tersebut dalam kondisi normal biasanya hanya ditempuh dalam 5-6 jam.



Kondisi cuaca badai salju dengan suhu sekitar 4 hingga -7 derajat Celsius.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2037 seconds (0.1#10.140)