Pilu Gempa Turki: Gedung Bertingkat Runtuh bak Rumah Kartu, Landasan Bandara Terbelah 2

Selasa, 07 Februari 2023 - 08:23 WIB
loading...
Pilu Gempa Turki: Gedung Bertingkat Runtuh bak Rumah Kartu, Landasan Bandara Terbelah 2
Bangunan bertingkat di Sanliurfa, Turki, runtuh seketika seperti rumah kartu setelah gempa besar kedua, Senin (6/2/2023). Foto/Screenshot video Twitter @doganatillla
A A A
ANKARA - Video-video memilukan dari dampak gempa magnitudo 7,8 di Turki dan Suriah telah menyebar secara online. Salah satunya bangunan bertingkat yang runtuh seperti rumah kartu.

Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat (AFAD) Turki melaporkan jumlah korban tewas sudah mencapai 2.316 orang di negara tersebut, dan sekitar 12.000 orang lainnya terluka. Sedangkan di Suriah dilaporkan 1.293 orang tewas dan ribuan lainnya terluka.

Para warga Turki berbagi video kesedihan yang memperlihatkan beberapa bangunan runtuh dan penduduk yang masih ketakutan berkerumun di jalan.



Ada juga video yang memperlihatkan seluruh bangunan bertingkat runtuh seketika seperti rumah kartu di provinsi Sanliurfa di Turki akibat salah satu gempa susulan. Pihak berwenang, seperti dikutip Reuters, Selasa (7/2/2023), mengatakan 16 bangunan runtuh di Sanliurfa dan 34 di Osmaniye.

Tidak ada laporan segera tentang apakah ada orang di dalam gedung bertingkat yang runtuh tersebut.

Media lokal, TRT dan Haberturk, menayangkan video orang-orang yang mengambil puing-puing bangunan, memindahkan tandu, dan mencari korban selamat di kota Kahramanmaras, yang kondisinya masih gelap.

Menurut laporan CNN, Gubernur Sanliurfa Salih Ayhan mengatakan bahwa setidaknya 12 orang tewas di provinsinya saja.

Gempa kuat kedua melanda Turki pada hari Senin dengan magnitudo 7,5 yang semakin membuat takut penduduk setempat.

"Saya sangat takut. Saya merasakan (gempa susulan) sangat kuat karena saya tinggal di lantai paling atas," kata seorang wanita kepada kantor berita AFP.

"Kami bergegas keluar dengan panik. Itu hampir sama dengan gempa pagi. Saya tidak bisa kembali ke apartemen saya sekarang, saya tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1333 seconds (0.1#10.140)