Korban Tewas Gempa Turki-Suriah 3.609 Orang, Korban Selamat Kedinginan

Selasa, 07 Februari 2023 - 07:31 WIB
loading...
Korban Tewas Gempa Turki-Suriah 3.609 Orang, Korban Selamat Kedinginan
Korban tewas akibat gempa magnitudo di Turki dan Suriah sudah mencapai 3.609 orang. Sementara para korban selamat kedinginan dalam suhu di bawah nol derajat Celsius. Foto/REUTERS
A A A
ANKARA - Korban tewas akibat gempa magnitudo 7,8 yang mengguncang Turki dan Suriah sudah mencapai 3.609 di kedua negara. Sementara para korban selamat bingung mencari tempat perlindungan dan kedinginan dengan suhu di bawah nol derajat Celsius.

Di Turki, Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat (AFAD) melaporkan jumlah korban tewas mencapai 2.316 orang hingga Selasa (7/2/2023) dini hari. Selain itu, sekitar 12.000 orang terluka.

Sedangkan di Suriah dilaporkan 1.293 orang meninggal dengan ribuan lainnya terluka.

Gempa pertama bermagnitudo 7,8 yang berpusat di provinsi Kahramanmaras di tenggara Turki, meruntuhkan seluruh blok apartemen di beberapa kota dan menumpuk lebih banyak kehancuran pada jutaan warga Suriah yang telantar akibat perang saudara bertahun-tahun.



Cuaca musim dingin yang membeku menambah penderitaan ribuan orang yang terluka atau kehilangan tempat tinggal sambil menghambat upaya untuk menemukan korban selamat.

Huseyin Yayman, seorang legislator dari provinsi Hatay Turki, mengatakan beberapa anggota keluarganya terjebak di bawah reruntuhan rumah mereka yang runtuh.

“Ada begitu banyak orang lain yang juga terjebak,” katanya kepada stasiun televisi HaberTurk melalui telepon.

“Banyak bangunan yang rusak. Orang-orang berada di jalanan. Hujan, ini musim dingin.”

Menurut AFAD, gempa kedua merobohkan lebih banyak bangunan dan, seperti yang pertama, terasa di seluruh wilayah, membahayakan penyelamat yang berjuang untuk menarik korban dari puing-puing.

Selain Kahramanmaras, provinsi tenggara Gaziantep, Diyarbakir, Elazig, Malatya, Adıyaman, Kilis, Hatay, Osmaniye, dan Bingol juga dilanda gempa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1224 seconds (0.1#10.140)