Gempa Turki Magnitudo 7,8: Korban Berjatuhan, Orang-orang Ketakutan

Senin, 06 Februari 2023 - 12:10 WIB
loading...
Gempa Turki Magnitudo 7,8: Korban Berjatuhan, Orang-orang Ketakutan
Bangunan di Suriah runtuh akibat guncangan gempa dahsyat magnitudo yang berpusat di Turki, Senin (6/2/2023). Foto/Twitter via Al Arabiya
A A A
ANKARA - Gempa magnitudo 7,8 meruntuhkan banyak bangunan di Turki dan Suriah pada Senin (6/2/2023) pagi. Korban meninggal terus bertambah dan orang-orang ketakutan berlarian keluar rumah.

Di Turki, pejabat setempat mengonfirmasi bahwa jumlah korban meninggal yang ditemukan sebanyak 15 orang. Lima dari kematian tersebut dilaporkan di provinsi Osmaniye dan 10 lainnya di Sanliurfa, yang berada di dekat perbatasan Turki dengan Suriah.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan di Twitter, "Tim pencarian dan penyelamatan segera dikirim ke daerah yang dilanda gempa."



“Kami berharap dapat melewati bencana ini bersama-sama secepat mungkin dan dengan kerusakan yang paling sedikit,” lanjut Erdogan.

Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu mengatakan setidaknya ada 6 gempa susulan. Dia mengimbau masyarakat untuk tidak memasuki bangunan yang rusak karena risikonya.

“Prioritas kami adalah mengeluarkan orang-orang yang terjebak di bawah reruntuhan bangunan dan memindahkan mereka ke rumah sakit,” katanya.

Di Suriah, media pemerintah awalnya melaporkan setidaknya42orang telah meninggal di beberapa wilayah ketika beberapa bangunan runtuh setelah gempa besar yang berpusat di tenggara Turki. Namun beberapa menit kemudian jumlah korban tewas diperbarui menjadi 53 orang.

"Empat puluh dua kematian dan 200 luka-luka telah dilaporkan di Aleppo, Hama dan Latakia sebagai akibat gempa dalam jumlah awal," tulis kantor berita pemerintah Suriah, SANA, mengutip seorang pejabat Kementerian Kesehatan, sebelum data diperbarui.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1435 seconds (0.1#10.140)