AS Tembak Jatuh Balon Mata-mata China: Diperkirakan Seukuran 3 Bus, Bisa untuk Serangan Nuklir

Minggu, 05 Februari 2023 - 14:51 WIB
loading...
AS Tembak Jatuh Balon Mata-mata China: Diperkirakan Seukuran 3 Bus, Bisa untuk Serangan Nuklir
Balon mata-mata China yang ditembak jatuh oleh jet tempur F-22 AS diperkirakan seukuran 3 bus dan bisa menjadi platform untuk serangan nuklir rahasia. Foto/via NDTV
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) , dengan jet tempur siluman F-22 Raptor, telah menembak jatuh balon mata-mata China yang sempat melayang di situs senjata nuklir Amerika di Montana. Analis memperkirakan balon itu seukuran tiga bus dan dilengkapi teknologi canggih sebagai platform untuk serangan nuklir rahasia.

Penggunaan balon untuk melakukan misi mata-mata sudah ada sejak Perang Dingin tetapi sistem modern dapat memanfaatkan perkembangan terbaru dalam teknologi pengawasan.

Pentagon mengatakan balon China itu melayang sekitar 60.000 kaki di atas pusat benua Amerika Serikat pada tengah hari ET [Waktu Timur] pada hari Jumat.

Rutenya telah melewati Montana, memicu kekhawatiran bahwa balon itu mengumpulkan informasi intelijen di situs rudal nuklir di sana.



China mengeklaim pada Jumat bahwa itu adalah balon sipil yang digunakan untuk penelitian meteorologi dan cuaca.

Namun dalam sebuah pengarahan beberapa jam kemudian, juru bicara Pentagon Brigadir Jenderal Patrick Ryder berkata: "Kami tahu itu balon pengintai."

Yang mengkhawatirkan, analis pertahanan menduga bahwa balon dapat digunakan sebagai platform pengiriman senjata nuklir.

Sebuah laporan tahun 2015 untuk American Leadership & Policy Foundation mengatakan balon yang diluncurkan oleh negara nakal dapat membawa muatan nuklir ke Amerika Serikat, menggunakan untuk serangan, atau pun mengganggu jaringan listrik.

Penulis laporan Mayor Angkatan Udara David Stuckenberg menulis: "Menggunakan balon sebagai platform [senjata pemusnah massal] dapat memberi musuh palet ketinggian dan opsi muatan yang dapat digunakan untuk memaksimalkan efek ofensif terhadap AS."

"Balon ketinggian tinggi dapat dirancang, dibuat, dan diluncurkan dalam hitungan bulan. Tidak ada yang mencegah pengiriman beberapa ratus pon material senjata ke ketinggian," lanjut laporan itu, yang dilansir Mail Online.

Stuckenberg mengatakan pada hari Jumat, "Balon China kemungkinan merupakan jenis uji coba yang dimaksudkan untuk mengirim pesan strategis ke AS."

Pakar pertahanan John Parachini mengatakan ukuran balon mata-mata China yang melayang di atas AS kira-kira setara dengan panjang tiga bus.

Dengan asumsi panjang bus biasanya sekitar 40 kaki, itu menunjukkan bahwa balon bulat bisa berukuran sekitar 120 kaki kali 120 kaki. Itu akan sejajar dengan dimensi balon lain yang digunakan untuk operasi di ketinggian.



Balon itu berada sekitar 60.000 kaki di atas pusat Amerika Serikat pada Jumat sore, di sekitar Kansas City di Missouri.

Gambar yang diambil dari darat menunjukkan perangkat yang dipasang pada balon dilengkapi dengan panel surya besar, yang memberi daya pada peralatan pemantauan di dalam pesawat dan juga sistem untuk menggerakkan balon.

Pentagon mengatakan balon itu memiliki kemampuan untuk bermanuver, meskipun tidak jelas seberapa baik dapat dikendalikan.

Aliran jet pada ketinggian yang begitu tinggi membuat sangat sulit untuk mengontrol jalur balon. China juga mengeklaim balon itu berakhir di atas AS karena kemampuan kemudinya yang terbatas.

Peralatan yang dipasang pada balon mata-mata seperti itu kemungkinan besar mencakup kamera jarak jauh dan radar untuk menentukan keberadaan dan pergerakan objek yang lebih sulit dideteksi.

Balon semacam itu juga akan dilengkapi dengan perangkat komunikasi yang dapat menyampaikan temuan secara real-time kembali ke pengontrolnya.

Menariknya, para pejabat meyakini balon tersebut tidak lebih efektif dari satelit China yang juga bisa digunakan untuk melakukan pengintaian terhadap Amerika Serikat.

Satelit mata-mata China membawa sensor serupa dengan apa yang diyakini pejabat AS ada di balon mata-mata, menimbulkan pertanyaan tentang mengapa Beijing mengambil risiko tindakan kurang ajar pada malam kunjungan Blinken yang akhirnya ditunda.

Namun, kata para pejabat AS, balon mata-mata China telah mengambil jalur penerbangan yang akan membawanya ke sejumlah situs sensitif. Salah satu situs tersebut bisa menjadi pangkalan militer, termasuk di Montana, yang merupakan rumah bagi silo rudal balistik antarbenua.

Seorang pejabat Pentagon pada Sabtu (4/2/2023), berkata: "Jelas, mereka mencoba untuk menerbangkan...balon ini melewati tempat-tempat sensitif...untuk mengumpulkan informasi."

Bandara Billings, Montana, pada hari Rabu lalu mengeluarkan "ground stop" karena militer memobilisasi aset termasuk jet tempur siluman F-22 Raptor seandainya Presiden Joe Biden memerintahkan agar balon tersebut ditembak jatuh.

Balon tersebut diyakini telah tiba di atas daratan AS setelah terbang di atas Kepulauan Aleutian di Samudra Pasifik bagian utara, dan kemudian melintasi wilayah udara Kanada menuju Amerika Serikat.

Satu model menunjukkan kemungkinan akan melayang lebih jauh ke Midwest. Itu telah mencapai Missouri pada hari Jumat sore. Tetapi sifat perangkat dan perubahan cuaca membuat prediksi jangka panjang menjadi sulit.

Panglima militer AS telah mempertimbangkan untuk menembaknya—dan Presiden Joe Biden dilaporkan tertarik dengan gagasan tersebut—tetapi memutuskan untuk tidak melakukannya karena risiko keamanan. Prospek belum dikesampingkan sepenuhnya.

Para pejabat mengatakan balon itu cukup besar sehingga menghancurkannya akan menghujani daratan dengan puing-puing, mempertaruhkan keselamatan orang di darat.

Klaim China bahwa balon itu adalah alat pemantau cuaca sipil tidak sepenuhnya tidak berdasar--meskipun telah ditolak oleh Pentagon. Balon cuaca, yang bentuk, ukuran dan penampilannya bisa serupa, adalah alat umum untuk penelitian meteorologi.

Seorang pejabat senior Pentagon mengatakan China telah mengirim balon mata-mata lainnya ke Amerika Serikat dalam beberapa tahun terakhir. Pejabat itu tidak membagikan perinciannya, tetapi mengindikasikan bahwa penerbangan itu terdeteksi sejak pemerintahan presiden sebelumnya, Donald Trump.

Namun, pejabat tersebut menambahkan bahwa ini adalah pertama kalinya sebuah balon China bertahan di wilayah udara AS untuk waktu yang lama.

Situasi ini juga diyakini sebagai pertama kalinya balon semacam itu melintasi bagian tengah Amerika Serikat. Serangan sebelumnya termasuk balon yang bergerak sebentar di atas Florida, dan lainnya yang terdeteksi di dekat Hawaii dan Guam.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1149 seconds (0.1#10.140)