Fakta Seputar Masjid Sheikh Zayed Abu Dhabi

Minggu, 05 Februari 2023 - 06:01 WIB
loading...
A A A
Selain itu, orang dapat menyaksikan jejak arsitektur Arab asal Maroko, Mameluke, dan Andalusia di setiap elemen masjid.

Dalam pembuatannya, masjid ini menggunakan material yang didatangkan langsung dari berbagai negara. Beberapa material bangunan antara lain batu marmer, batu semi mulia, emas, kristal, dan keramik.

Selain itu, terdapat elemen masjid seperti pilar yang mengelilingi halaman masjid. Pilar tersebut didesain dengan gaya yang unik khas kombinasi dari gaya arsitektur Ottoman, Mamluk, dan Fatimid.

3. Lampu Gantung Kristal Terbesar

Total terdapat 7 lampu gantung kristal yang menggantung di ruang salat dan pintu masuk serambi. Lampu gantung seberat 12 ton tersebut adalah salah satu lampu terbesar di dunia.

Lampu-lampu tersebut dibuat oleh desainer asal Jerman, Faustig, dengan menggunakan material dari tembaga, stainless steel, kristal, hingga emas 24 karat.

Selain lampu gantung, terdapat sekitar 22 lampu berwarna mirip dengan cahaya bulan yang akan menyala saat malam hari.

4. Karpet Rekor Dunia

Terdapat karpet besar yang terletak di ruang salat utama masjid seluas 5.700 meter persegi. Karpet tersebut mampu memecahkan rekor dunia, yaitu karpet rajutan tangan terbesar.

Karpet tersebut selesai dengan membutuhkan waktu sekitar dua tahun. Karpet Persia tersebut melibatkan sekitar 1.200 pengrajin untuk merajut karpet yang terbuat dari terbuat dari 70% wol dan 30% katun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1266 seconds (0.1#10.140)