Fakta Seputar Masjid Sheikh Zayed Abu Dhabi

Minggu, 05 Februari 2023 - 06:01 WIB
loading...
Fakta Seputar Masjid Sheikh Zayed Abu Dhabi
Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Foto/timeoutabudhabi.com
A A A
ABU DHABI - Masjid megah yang terletak di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab ini dibangun sejak 1996 dan resmi dibuka pada 2007 untuk beribadah.

Sejak dibangun, Masjid Agung Sheikh Zayed menarik jutaan pengunjung setiap tahunnya. Tak hanya masyarakat lokal saja, banyak pengunjung Muslim dari penjuru dunia yang mengunjungi masjid ini untuk menunaikan ibadah.

Masjid yang digagas langsung oleh Sheikh Zayed Al Nahyan ini memiliki area yang luas dengan arsitektur yang megah dan menenangkan. Berikut rangkuman seputar fakta Masjid Sheikh Zayed Abu Dhabi.

1. Salah Satu Masjid Terbesar di Dunia

Masjid Agung Sheikh Zayed merupakan salah satu masjid terbesar ketiga di dunia setelah Masjid Al-Haram di Mekkah dan Masjid Al-Nabawi di Madinah.

Diketahui, masjid ini berukuran mencapai 12 hektare dengan luas area masjid sebesar 22.412 meter persegi, setara hampir empat lapangan sepak bola.

Daya tampung masjid ini dapat mencapai 40.000 jamaah. Saking besarnya masjid ini, bangunan tersebut terlihat jelas dari tiga jembatan utama yang menghubungkan kota Abu Dhabi, yaitu Jembatan Maqta, Mussafah, dan Sheikh Zayed.

2. Gaya Arsitektur yang Megah

Masjid Agung Sheikh Zayed didominasi oleh warna putih bersih karena putih melambangkan kemurnian. Hampir seluruh bangunan masjid didominasi warna putih dan dilapisi marmer dari Makedonia.

Yousef Abdelky yang merupakan seorang arsitek asal Suriah, terinspirasi dari arsitektur Mughal dan Persia dengan sentuhan gaya Moor.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1304 seconds (0.1#10.140)