Israel Ubah Masjid Bersejarah Jadi Bar dan Ruang Acara Penikahan

Rabu, 15 Juli 2020 - 10:15 WIB
loading...
Israel Ubah Masjid Bersejarah Jadi Bar dan Ruang Acara Penikahan
Kondisi Masjid Al Ahmar yang diubah jadi bar dan ruang acara oleh Israel. Foto/Memo
A A A
SAFED - Pemerintah Israel di Safed mengubah Masjid Al Ahmar menjadi bar dan ruang acara pernikahan, menurut laporan Al-Quds Al-Arabi.

Sebagai salah satu masjid paling bersejarah di kota Arab, yang dikuasai geng-geng Yahudi pada 1948, gedung masjid itu pertama kali diubah menjadi sekolah Yahudi, kemudian pusat kampaney pemilu Partai Likud, lantas gudang pakaian dan kemudian diubah menjadi klub malam.

Surat kabar yang berbasis di London itu melaporkan masjid itu diubah menjadi bar dan ruang acara pernikahan oleh perusahaan yang terkait pemerintah kota di Israel. Namanya pun diubah dari Masjid Al Ahmar menjadi Khan Al Ahmar.

Sekretaris Safed and Tiberias Islamic Endowment Khair Tabari menjelaskan, dia telah menunggu pengadilan Nazareth mengambil keputusan terkait gugatan yang dia ajukan untuk meminta dikembalikannya masjid itu dan diserahkan pada lembaganya.

"Saya telah menyerahkan dokumen untuk membuktikan kepemilikan umat Islam atas masjid itu," kata dia yang meminta berbagai lembaga politik untuk meningkatkan kerja sama dengannya untuk menyelamatkan masjid itu dari penyalahgunaan.

Safed merupakan wilayah yang pernah dihuni oleh 12.000 warga Palestina yang kemudian diusir dari rumah mereka pada 1948. (Baca Juga: Qatar Negara Paling Aman di Dunia, Enam Tahun Berturut-turut)

"Masjid itu sekarang dibuka untuk semuanya kecuali salat oleh Muslim," papar Tabari. (Lihat Infografis: 8 Angkatan Laut Terkuat di Dunia, Empat Berasal dari Asia)
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1208 seconds (0.1#10.140)