Direktur CIA: 6 Bulan ke Depan Momen Kritis dalam Perang Ukraina

Jum'at, 03 Februari 2023 - 14:53 WIB
loading...
Direktur CIA: 6 Bulan ke Depan Momen Kritis dalam Perang Ukraina
Direktur CIA Amerika Serikat William Burns sebut enam bulan ke depan menjadi momen kritis dalam perang di Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Direktur CIA Amerika Serikat (AS) William Burns mengatakan bahwa enam bulan ke depan akan menjadi momen kritis dalam perang di Ukraina .

Menurutnya, dengan Presiden Rusia Vladimir Putin bertaruh bahwa memudarnya minat Barat dan "kelelahan politik" dapat memberi militernya kesempatan baru untuk mendapatkan keuntungan di medan perang.

"Putin, saya pikir, sedang bertaruh sekarang bahwa dia dapat memanfaatkan waktu untuknya," kata Burns.

"Kuncinya ada di medan perang dalam enam bulan ke depan, menurut kami," ujarnya pada Kamis, seperti dikutip CBS News, Jumat (3/2/2023).



"Menusuk keangkuhan Putin, memperjelas bahwa dia tidak hanya tidak akan dapat maju lebih jauh di Ukraina, tetapi seiring berjalannya waktu setiap bulan, dia menghadapi risiko yang semakin besar untuk kehilangan wilayah yang dia rebut secara ilegal dari Ukraina sejauh ini," paparnya.

"Jadi periode berikutnya ini, saya pikir, akan menjadi sangat penting."

Diplomat karier dan mantan duta besar AS untuk Rusia itu mengatakan intelijen Barat menunjukkan Moskow tidak tertarik pada pembicaraan damai, meskipun kadang-kadang ada laporan sebaliknya.

"Kami tidak menilai bahwa Putin serius dalam negosiasi, untuk semua yang kadang Anda dengar tentang itu," kata Burns.

Pernyataannya datang di tengah peringatan lanjutan dari pejabat Ukraina bahwa Rusia sedang bersiap untuk meluncurkan serangan signifikan yang menargetkan bagian timur negara itu, di mana serangan rudal telah meningkat minggu ini.

Perang akan memasuki tahun kedua akhir bulan ini.

Burns terlibat dalam diskusi moderat di Georgetown University pada hari Kamis, di mana dia dianugerahi Trainor Award for Excellence in the Conduct of Diplomacy.

Pada hari yang sama, Burns menyebut hubungan militer yang tampaknya semakin dalam antara Rusia dan Iran sangat memprihatinkan. Iran diketahui telah menyediakan drone dan pelatihan yang relevan untuk pasukan Putin di Ukraina.

Burns mengatakan bahwa ketika dia berada di Kiev selama 30 jam atau lebih pada pertemuan bulan lalu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan penasihatnya, setidaknya enam dari jam itu dihabiskan di tempat perlindungan bom, ketika pasukan Rusia melakukan dua serangan terpisah menggunakan drone Shahed 136 Iran.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1792 seconds (0.1#10.140)