Video Dansa di Landmark Teheran Viral, Pasangan Ini Dipenjara 10 Tahun

Kamis, 02 Februari 2023 - 15:01 WIB
loading...
Video Dansa di Landmark Teheran Viral, Pasangan Ini Dipenjara 10 Tahun
Pasangan muda Iran dihukum penjara 10,5 tahun setelah videonya berdansa di landmark Teheran viral. Foto/Yahoo
A A A
TEHERAN - Pasangan muda di Iran harus menghabiskan hidupnya masing-masing selama lebih dari 10 tahun dipenjara. Hukuman itu harus mereka terima setelah video yang memperlihatkan keduanya menari di salah satu landmark utama Teheran viral di media sosial.

Astiaj Haghighi dan tunangannya Amir Mohammad Ahmadi juga dilarang melakukan aktivitas sosial di internet dan meninggalkan negara selama dua tahun.

Pengguna Instagram, keduanya berusia 20-an, ditangkap pada 1 November lalu setelah video mereka menari di Menara Azadi menjadi viral.

Kantor berita Aktivis Hak Asasi Manusia (HRANA) mengatakan mereka berdua dipenjara selama 10 tahun enam bulan karena dianggap mempromosikan degradasi dan ketidaksenonohan, berkumpul dan berkolusi melawan keamanan nasional, serta propaganda melawan rezim.



Menentang aturan ketat negara, Haghighi juga tidak mengenakan jilbab dalam video itu sementara Iran juga melarang menari di depan umum.

HRANA mengatakan sebuah sumber mengungkapkan pasangan itu telah ditolak pengacara selama persidangan di pengadilan revolusioner di Teheran.

Haghighi juga dikatakan telah dipindahkan ke Penjara Qarchak, di Varamin, di mana kondisinya sering dikritik oleh para juru kampanye hak asasi manusia seperti dilansir dari Sky News, Kamis (2/2/2023).

Video itu sendiri dipandang sebagai bagian dari gerakan menuntut lebih banyak kebebasan di Iran.

Iran telah mengambil garis yang lebih keras dari biasanya dengan segala bentuk perbedaan pendapat sejak meluasnya protes yang dipicu oleh kematian Mahsa Amini pada bulan September lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2430 seconds (0.1#10.140)