AS Kerahkan Jet Tempur Siluman F-35 ke Greenland, Dekati Rusia

Kamis, 02 Februari 2023 - 09:57 WIB
loading...
AS Kerahkan Jet Tempur Siluman F-35 ke Greenland, Dekati Rusia
Amerika Serikat kerahkan jet tempur siluman F-35 ke Pangkalan Thule di Greenland, dekat posisi militer Rusia di Arktik. Foto/Twitter @NORADCommand
A A A
WASHINGTON - Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF), untuk pertama kali dalam sejarah, mengerahkan jet-jet tempur siluman F-35 ke Greenland.

Pesawat-pesawat itu bermarkas di Pangkalan Udara Thule yang hanya berjarak 750 mil dari Lingkaran Arktik, tempat Rusia memperluas kehadiran militernya.

Kelompok pesawat tempur siluman generasi kelima Amerika tersebut mengambil bagian dalam latihan North American Aerospace Defense Command (NORAD) selama dua minggu yang berakhir pada 31 Januari 2023.

Para pejabat AS telah memperingatkan dalam beberapa tahun terakhir bahwa Rusia dan China terus memperluas kehadiran regional mereka dan menimbulkan risiko militer yang luar biasa bagi Barat.



USAF tampaknya telah membayangkan peran yang lebih besar dan lebih luas untuk jet tempur F-35, terutama di utara Bumi.

Pada musim semi 2022, Pangkalan Angkatan Udara (AFB) Eielson di Alaska menyelesaikan pendirian dua skuadron pesawat tempur F-35A Lightning II. AFB tersebut sekarang memiliki 54 unit jet tempur F-35.

Adapun Pangkalan Udara Thule di Greenland, diyakini memiliki empat jet tempur F-35 ketika latihan NORAD dimulai bulan lalu.

Salah satu jet tersebut dilaporkan menggunakan lambang Skuadron Tempur ke-356, yang menunjukkan bahwa mereka telah dialihkan dari AFB Eielson, yang dapat dijelaskan karena kedekatannya.

Sekitar 225 tentara AS dan Kanada berpartisipasi dalam "Operation Noble Defender 23-2.1", latihan gabungan NORAD yang melibatkan Angkatan Udara Kerajaan Kanada atau RCAF di berbagai tempat di sepanjang pantai Kanada dan Amerika Serikat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1198 seconds (0.1#10.140)