Genting Buat Ukraina, Rusia Kepung Kota Penting di Donbass

Kamis, 02 Februari 2023 - 00:30 WIB
loading...
Genting Buat Ukraina, Rusia Kepung Kota Penting di Donbass
Pasukan Rusia berada di Donbass. Foto/sputnik
A A A
MOSKOW - Pasukan Rusia sekarang diposisikan untuk menyerang satu-satunya jalan yang dapat digunakan Kiev untuk memasok pasukan di Artyomovsk. Klaim itu diungkapkan seorang ajudan gubernur.

Kota yang oleh Ukraina disebut Bakhmut itu memiliki kepentingan strategis sebagai bagian dari garis pertahanan Ukraina di Donbass.

Yan Gagin, pakar militer yang menjabat sebagai penasihat Denis Pushiln, penjabat kepala Republik Rakyat Donetsk (DPR) yang mengatakan Rusia telah menyerang konvoi pasokan musuh di dekat Artyomovsk.

Berbicara di televisi Rusia pada Rabu (1/2/2023), dia mengatakan hanya masalah waktu sebelum jalan tersebut “dikendalikan sepenuhnya”, membuka jalan untuk merebut kota.

Dia menggambarkan situasinya sebagai “dalam operasi pengepungan.”



Artyomovsk adalah bagian dari garis pertahanan Ukraina sepanjang 70 km yang dibuat sejak Kiev memprakarsai pertempuran di Donbass pada 2014.

Rusia mengklaim kedaulatan atas kota itu bersama dengan Republik Rakyat Donetsk lainnya. Provinsi itu bergabung dengan Rusia pada Oktober setelah referendum, yang ditolak Kiev sebagai "palsu".

Ada laporan kemajuan Rusia di dekat Artyomovsk dalam beberapa pekan terakhir. Setelah pertempuran intensif pada pertengahan Januari, pasukan Rusia merebut Soledar yang terletak tepat di timur laut kota.

Pushilin memperingatkan media agar tidak melebih-lebihkan pentingnya Artyomovsk atau penyelesaian khusus lainnya untuk hasil operasi militer.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1366 seconds (0.1#10.140)