Rusia Patut Waswas, AS Dilaporkan Siap Berikan Ukraina Rudal Jarak Jauh

Rabu, 01 Februari 2023 - 12:44 WIB
loading...
Rusia Patut Waswas, AS Dilaporkan Siap Berikan Ukraina Rudal Jarak Jauh
AS dilaporkan untuk pertama kalinya akan memberikan Ukraina rudal jarak jauh, GLSDB. Foto/Army Technology
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) menyiapkan bantuan militer senilai lebih dari USD2 miliar atau sekitar Rp29,9 triliun untuk Ukraina . Bantuan itu untuk pertama kalinya dilaporkan mencakup rudal jarak jauh serta amunisi dan senjata lainnya. Hal itu diungkapkan dua pejabat AS kepada Reuters.

"Bantuan tersebut diharapkan akan diumumkan secepatnya minggu ini," kata para pejabat.

"(Bantuan) itu juga diharapkan mencakup peralatan pendukung untuk sistem pertahanan udara Patriot, amunisi berpemandu presisi dan senjata anti-tank Javelin," tambah mereka seperti dikutip dari Reuters, Rabu (1/2/2023).

Salah satu pejabat mengatakan sebagian dari paket itu, yang diperkirakan bernilai USD1,725 miliar (Rp25,8 triliun), akan berasal dari dana yang dikenal sebagai Prakarsa Bantuan Keamanan Ukraina (USAI), yang memungkinkan pemerintahan Presiden Joe Biden mendapatkan senjata dari industri, bukan dari stok senjata AS.

Dana USAI akan digunakan untuk pembelian senjata baru, Ground Launched Small Diameter Bomb (GLSDB) buatan Boeing, yang memiliki jangkauan 150 km. AS sebelumnya telah menolak permintaan Ukraina untuk rudal ATACMS dengan jangkauan 297 km.



Kisaran yang lebih jauh dari bom luncur GLSDB dapat memungkinkan Ukraina mencapai target yang berada di luar jangkauan dan membantunya terus menekan serangan baliknya dengan mengganggu Rusia lebih jauh di belakang garisnya.

Reuters pertama kali melaporkan proposal Boeing untuk mengirim GLSDB ke Ukraina pada November lalu. Pada saat itu diharapkan GLSDB bisa berada di Ukraina pada musim semi.

GLSDB adalah rudal produksi bersama Boeing dengan perusahaan pesawat Swedia, SAAB. Rudal ini menggabungkan Bom Diameter Kecil (SDB) GBU-39 dengan motor roket M26, yang keduanya umum di inventaris militer AS.

Menurut situs web SAAB, GLSDB dipandu GPS, dapat mengalahkan beberapa gangguan elektronik, dapat digunakan dalam segala kondisi cuaca, dan dapat digunakan melawan kendaraan lapis baja. GBU-39, yang akan berfungsi sebagai hulu ledak GLSDB, memiliki sayap lipat kecil yang memungkinkannya meluncur lebih dari 100 km jika dijatuhkan dari pesawat dan mengenai target berdiameter sekecil 1 meter.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1768 seconds (0.1#10.140)