Ikuti Jejak AS, Inggris Tolak Kirim Jet Tempur ke Ukraina

Rabu, 01 Februari 2023 - 07:33 WIB
loading...
Ikuti Jejak AS, Inggris Tolak Kirim Jet Tempur ke Ukraina
Inggris menolak untuk mengirimkan jet tempur F-16 ke Ukraina. Foto/The Telegraph
A A A
LONDON - Inggris menolak untuk mengirimkan jet tempur F-16 ke Ukraina . Inggris menggatakan pihaknya yakin tidak praktis untuk mengirim jet tempur ke Kiev.

"Jet tempur Typhoon dan F-35 Inggris sangat canggih dan membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk mempelajari cara terbang. Mengingat hal itu, kami yakin tidak praktis untuk mengirim jet tersebut ke Ukraina," kata juru bicara Perdana Menteri Inggris.

"Kami akan terus memberikan dan mempercepat dukungan militer kami ke Ukraina dan mendengarkan dengan cermat permintaan mereka,"imbuhnya.

"Ini adalah lamanya waktu yang diperlukan untuk mempelajari bagaimana menggunakan peralatan yang sangat kompleks yang merupakan faktor pembatas dalam kasus ini, tetapi kami akan mengeksplorasi apa lagi yang bisa kami lakukan untuk mendukung Ukraina," tukasnya seperti dikutip dari Sky News, Rabu (1/2/2023).

Komentar tersebut muncul saat pejabat Ukraina terus menekan sekutu Barat mereka untuk menyumbangkan jet tempur canggih sehingga dapat mengontorl wilayah udara mereka. Ukraina ini saat ini menggunakan jet tua era Soviet.



Sementara itu, Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan pada hari Senin bahwa meskipun Prancis belum menerima permintaan apa pun dari Ukraina untuk mengirim jet tempur, pada prinsipnya tidak ada yang terlarang.

Keputusan Inggris ini menyusul keputusan yang sama yang diambil oleh Amerika Serikat (AS) dan Jerman. Pada hari Senin, Presiden AS Joe Biden menjawab "Tidak," ketika ditanya oleh seorang reporter apakah dia akan mengirim jet tempur F-16 ke Ukraina.



Menteri Pertahanan Jerman Boris Pistorius juga mengesampingkan pengiriman jet tempur ke Ukraina, menurut sebuah wawancara dengan surat kabar Jerman Suddeutsche Zeitung pada hari Jumat. "Ini di luar pertanyaan," kata Pistorius seperti dikutip dari Reuters.

Sinyal positif datang dari Polandia, menurut penasihat presiden Ukraina paling senior.

Polandia akan mengirim jet tempur F-16 ke Ukraina, tetapi hanya sebagai bagian dari upaya terkoordinasi dengan mitra NATO lainnya. Perdana Menteri (PM) Polandia Mateusz Morawiecki mengumumkan hal itu saat konferensi pers pada Senin (30/1/2023).

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1528 seconds (0.1#10.140)