Terus Bertambah, Korban Bom Bunuh Diri di Masjid Pakistan Jadi 87 Jiwa

Selasa, 31 Januari 2023 - 15:28 WIB
loading...
Terus Bertambah, Korban Bom Bunuh Diri di Masjid Pakistan Jadi 87 Jiwa
Korban bom bunuh diri di masjid Pakistan dimakamkan secara massal. Foto/AP
A A A
ISLAMABAD - Korban tewas dalam serangan bom bunuh diri di masjid yang menargetkan polisi di provinsi Peshawar, Pakistan , meningkat menjadi 87 jiwa.

Masjid tersebut berada di dalam area markas polisi dengan keamanan tinggi dan penyelidikan sedang dilakukan untuk mengetahui bagaimana pelaku bom bunuh diri bisa masuk.

Pada hari Selasa (31/2/2023), tim penyelamat masih berjuang untuk mengevakuasi jemaah yang terkubur di reruntuhan, dengan seorang juru bicara mengatakan kepada BBC bahwa operasi akan dilanjutkan selama tiga jam lagi.

"Operasi penyelamatan telah berlangsung lebih dari 18 jam," kata Mohammad Bilal Faizi.

"Jenazah 20 orang lainnya telah ditemukan dan dikhawatirkan masih ada beberapa jenazah yang berada di bawah reruntuhan," imbuhnya seperti dikutip dari BBC.

BBC melihat ambulans berlomba masuk dan keluar dari kompleks setiap beberapa menit.

Seorang juru bicara rumah sakit mengkonfirmasi bahwa lebih dari 100 orang masih terluka. Sementara itu, pemakaman telah dilakukan untuk lebih dari 20 petugas polisi, di mana peti mati mereka dibungkus dengan bendera Pakistan.

Sebelumnya, kepala polisi Peshawar Muhammad Ijaz Khan mengatakan kepada media setempat mengatakan, antara 300 dan 400 petugas polisi berada di lokasi kejadia pada saat itu.

Masjid tersebut berada di salah satu daerah yang paling banyak dikontrol di kota tersebut, yang meliputi markas polisi dan intelijen serta biro anti-terorisme.

Perdana Menteri (PM) Pakistan, Shehbaz Sharif, dan para pemimpin lainnya mengutuk serangan yang terjadi pada hari Senin kemarin, salah satu yang terburuk di negara itu dalam beberapa tahun terakhir.



"Teroris ingin menciptakan ketakutan dengan menargetkan mereka yang menjalankan tugas membela Pakistan," kata Sharif.

Dia mengumumkan telah hari berkabung nasional.

Sharif mengatakan mereka yang berada di balik serangan itu tidak ada hubungannya dengan Islam.

"Seluruh bangsa berdiri bersatu melawan ancaman terorisme," ia menambahkan.

Kelompok Taliban Pakistan membantah terlibat insiden tersebut setelah sebelumnya salah satu komandannya menhklaim serangan itu.

Taliban Pakistan - kelompok yang terpisah dari pemerintah Taliban di Afghanistan - mengakhiri gencatan senjata dengan pemerintah Pakistan pada November, dan sejak itu kekerasan meningkat di negara tersebut.

Pada bulan Desember kelompok itu menargetkan sebuah kantor polisi - seperti Peshawar, di barat laut negara itu - yang menyebabkan kematian 33 militan.

Ledakan pada Senin kemarin terjadi sekitar pukul 13:30 waktu setempat saat salat Ashar di kota barat laut, yang dekat perbatasan negara itu dengan Afghanistan.

Sebuah video yang beredar di media sosial dan diverifikasi oleh BBC menunjukkan setengah dari tembok masjid ambruk. Masjid itu ditutupi batu bata dan puing-puing saat orang-orang memanjat puing-puing untuk melarikan diri.



Beberapa jam setelah ledakan, BBC News menyaksikan sebuah fasilitas yang penuh dengan korban luka, banyak yang masih mengenakan seragam polisi.

Beberapa ditutupi krim luka bakar, kulit mereka merah karena luka bakar akibat ledakan. Yang lain mengalami patah tulang karena tertimpa puing-puing yang berjatuhan.

Seorang pria mengatakan dia masih tidak bisa mendengar karena suara ledakan itu. Pria lain mengatakan dia telah diselamatkan setelah terjebak di bawah reruntuhan selama hampir satu jam.

PM Pakistan melakukan perjalanan ke Peshawar dalam kunjungan darurat, di mana dia akan diberi pengarahan oleh pejabat setempat dan mengunjungi mereka yang terluka akibat ledakan itu.

Sekretaris Jenderal PBB AntĂłnio Guterres mengutuk serangan itu, dengan juru bicaranya mengatakan: "Sangat menjijikkan bahwa serangan seperti itu terjadi di tempat ibadah."

Serangan terhadap masjid itu terjadi pada awal minggu penting bagi diplomasi Pakistan.

Pada hari Senin, Presiden Uni Emirat Arab, Mohamed bin Zayed al Nahyan, dijadwalkan mengunjungi Islamabad - meskipun perjalanan dibatalkan pada menit terakhir karena cuaca buruk.

Pada hari Selasa, delegasi Dana Moneter Internasional (IMF) dimaksudkan untuk mengunjungi Pakistan sebagai bagian dari proses membuka pinjaman bailout untuk mencegah negara itu dari gagal bayar.

Maret lalu, Peshawar menjadi sasaran pemboman lain, yang menewaskan puluhan orang di sebuah masjid Muslim Syiah di negara mayoritas Muslim Sunni.

Di Ibu Kota Islamabad, polisi mengeluarkan peringatan tinggi dan mengatakan keamanan di semua pintu masuk dan keluar kota telah ditingkatkan.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2067 seconds (0.1#10.140)