Penjaga Pantai China Usir 5 Kapal Jepang dari Pulau Sengketa Diaoyu

Selasa, 31 Januari 2023 - 09:35 WIB
loading...
Penjaga Pantai China Usir 5 Kapal Jepang dari Pulau Sengketa Diaoyu
Foto yang diambil anggota Majelis Kota Ishigaki Hitoshi Nakama pada 15 Februari 2021 menunjukkan kapal Penjaga Pantai Jepang (kanan) berjalan di samping kapal penjaga pantai China di dekat Kepulauan Senkaku di Laut China Timur. Foto/kyodo/japan times
A A A
BEIJING - Penjaga pantai China mengatakan mereka mengejar lima kapal Jepang dari perairan yang mengelilingi sekelompok pulau yang disengketakan di Laut China Timur pada Senin (30/1/2023).

"Kapal polisi maritim China bertindak sesuai hukum dan mengambil tindakan yang diperlukan, memberi peringatan dan mengusir (kapal)," ungkap badan penjaga pantai di media sosial.

China mendesak Jepang menahan diri dari tindakan ilegal di dekat pulau-pulau tersebut, yang diklaim kedua negara.

Pulau-pulau yang diperebutkan terletak di sebelah timur Taiwan dan dikelola Jepang, yang menyebutnya Kepulauan Senkaku. China menyebut mereka sebagai Kepulauan Diaoyu.



Jepang mengklaim memiliki kedaulatan atas pulau-pulau itu sejak 1895, sementara China berpendapat pulau-pulau itu ditandai sebagai wilayah China pada peta Jepang bertanggal 1783 dan 1785.

Amerika Serikat mengambil kendali atas pulau-pulau itu selama Perang Dunia II dan menyerahkannya ke Jepang pada tahun 1972.

China mengatakan pulau-pulau itu direbut secara ilegal oleh Jepang, sementara Jepang mengklaim China hanya tertarik padanya setelah minyak serpih ditemukan di bawah dasar laut.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1967 seconds (0.1#10.140)