Pria Bersenjata Serang Kedubes Azerbaijan di Iran

Sabtu, 28 Januari 2023 - 05:01 WIB
loading...
Pria Bersenjata Serang Kedubes Azerbaijan di Iran
Seorang penjaga kedutaan berjuang seperti singa untuk merebut senjata api pelaku saat kejadian. Foto/telegram
A A A
TEHERAN - Seorang pria bersenjatakan senapan serbu melepaskan tembakan ke pos keamanan di Kedutaan Besar (Kedubes) Azerbaijan di Teheran.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Azerbaijan di Baku melaporkan hal itu. Kepala keamanan Kedutaan tewas sementara dua penjaga terluka dalam insiden pada Jumat pagi (27/1/2023) itu.



Kemlu menggambarkan kondisi para penyintas sebagai "memuaskan" dan berjanji memberikan informasi tambahan saat penyelidikan atas "serangan berbahaya" berlangsung.

Gambar-gambar yang dimaksudkan untuk menunjukkan akibat dari insiden tersebut, beredar di media sosial, termasuk foto grafis dari tubuh yang ditutupi kain yang tergeletak di lantai berlumuran darah. Tubuh yang sama tanpa penutup juga difilmkan dalam klip video pendek.



Rekaman lebih banyak diambil di depan kedutaan menunjukkan mobil polisi dan seorang pria tampaknya sedang dirawat karena cedera lengan.

“Pria bersenjata itu ditangkap segera setelah insiden itu,” ungkap kepala polisi Teheran, Sardar Hossein Rahimi, kepada media Iran.



Dia mengatakan penembak datang ke kedutaan dengan dua anaknya yang masih kecil. Polisi yakin serangan itu dimotivasi oleh keluhan pribadi.

Kementerian Luar Negeri Rusia menyatakan "terkejut" setelah berita tersebut. “Kami menyampaikan belasungkawa dan dukungan kami kepada rekan-rekan Azerbaijan,” papar juru bicara Kemlu Rusia Maria Zakharova di media sosial.

Dia juga memuji seorang penjaga kedutaan yang “berjuang seperti singa” untuk merebut senjata api pelaku saat kejadian.

Rekaman yang ditangkap oleh kamera CCTV di pintu masuk gedung dipublikasikan di kemudian hari.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1131 seconds (0.1#10.140)