Misteri Bunker Kiamat Berisi Ribuan Senjata di Irlandia Utara

Senin, 01 Juni 2015 - 12:04 WIB
Misteri Bunker Kiamat Berisi Ribuan Senjata di Irlandia Utara
Misteri Bunker Kiamat Berisi Ribuan Senjata di Irlandia Utara
A A A
BELFAST - Keberdaan sebuah bunker rahasia di Irlandia Utara yang dijuluki bunker “kiamat” diungkap seorang pejabat di negara itu. Bunker itu diyakini masih menyimpan sekitar 5 ribu senjata buangan yang dipasok Korea Utara (Korut) dan agen KGB Uni Soviet pada tahun 1980-an.

Bunker “kiamat” itu dibangun oleh kelompok kecil bentukan resmi tentara Irlandia atau IRA. Namun, kelompok kecil itu telah dibubarkan satu dekade silam.

Sumber pejabat Pemerintah Irlandia Utara mengatakan, senjata-senjata di bunker itu terdiri senapan serbu yang tidak pernah digunakan dan senapan mesin kelas menengah. Menurutnya, senjata-senjata itu disediakan untuk para pemimpin pimpinan kelompok teror pada 1980-an oleh KGB dan Korut.

Hanya segelintir petinggi di organisasi yang dibubarkan itu yang tahu keberadaan bunker senjata. Senjata tersebut hanya akan digunakan jika konflik sektarian antara warga Protestan dan Katolik pecah di wilayah Irlandia Utara. Senjata itu untuk membela komunitas Katolik dari konflik.

Ide di balik proyek bunker senjata itu bermula dari kegagalan IRA untuk melindungi komunitas pekerja Katolik di Belfast dari invasi massa Protestan. Sumber Pemerintah Irlandia Utara kepada Sunday Independent, mengatakan bahwa, bunker senjata itu mudah dijangkau di area komunitas Katolik Belfast.

“Bunker ’kiamat’ dirahasiakan dengan sangat ketat oleh beberapa tokoh resmi IRA. Beberapa di antaranya telah meninggal dunia. Lokasi bunker hanya diketahui beberapa orang saja," tulis media itu mengutip sumber Pemerintah Irlandia, yang dilansir Belfast Telegraph, Senin (1/6/2015).

Salah satu tokoh yang tahu tentang misteri bunker itu adalah Dessie “The Devil” O'Hagan, yang meninggal di Downpatrick, awal bulan ini pada usia 81 tahun. Tokoh lain yang tahu, adalah Tomas MacGiolla, seorang tokoh senior resmi IRA dan pemimpin Partai Buruh yang meninggal pada bulan Februari 2010 di usia 86 tahun.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3221 seconds (0.1#10.140)