Penyebab India dan Pakistan Tak Pernah Akur

Jum'at, 27 Januari 2023 - 14:50 WIB
loading...
A A A
Hal itu diketahui India, hingga akhirnya kedua negara terlibat perang dari 1971-1972. Setelah perang mereda, dibuatlah perjanjian Simla yang berisi tentang pembagian kekuasaan untuk India maupun Pakistan di Kashmir.

2. India dan Pakistan Saling Tidak Percaya

Pada 1974, ada kelompok oposisi yang meminta pemerintah India untuk menyerahkan hasil referendum otonomi sebagai bukti perjanjian antara India dengan Kashmir.

Pada tahun 1989, kelompok oposisi tersebut mulai bergerak dan mulai menyerang pemerintahan India. Pemerintahan yang berpusat di New Delhi tersebut menjadi curiga bahwa pergerakan kelompok oposisi dipersenjatai oleh Pakistan.

3. Pakistan Langgar Batas Wilayah Administrasi India

Pada 1999, kedua negara kembali terlibat perang setelah pasukan bersenjata Pakistan melintasi batas wilayah administrasi India.

Untuk meredam perang, Perdana Menteri India saat itu, Atal Bihari Vajpayee, mengadakan pertemuan dengan Presiden Pakistan Pervez Musharraf di Islamabad dengan tujuan melakukan gencatan senjata di Kashmir.

4. Tentara India Dibunuh Kelompok Militan di Kashmir

Pada 18 September 2016, empat pemberontak Jaish-e-Mohammed asal Pakistan menyerang markas brigade Angkatan Darat India di dekat kota Uri di Wilayah Persatuan India Jammu dan Kashmir. Sebanyak 19 tentara India tewas dalam serangan itu, dan 19 hingga 30 lainnya luka-luka.

Jaish-e-Mohammed, sebuah organisasi jihadis yang berbasis di Pakistan (ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh Amerika Serikat, Inggris dan India), terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaan serangan. Pada saat serangan itu terjadi, Lembah Kashmir sedang mengalami kerusuhan kekerasan tingkat tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1499 seconds (0.1#10.140)