Korban Jiwa Berjatuhan di Tepi Barat, AS Justru Salahkan Palestina

Jum'at, 27 Januari 2023 - 05:10 WIB
loading...
Korban Jiwa Berjatuhan di Tepi Barat, AS Justru Salahkan Palestina
Pasukan Israel terus melakukan tindak kekerasan yang menimbulkan korban jiwa di pihak Palestina. FOTO/Reuters
A A A
TEPI BARAT - Diplomat tinggi Amerika Serikat (AS) untuk Timur Tengah mengkritik keputusan Palestina untuk memutuskan koordinasi keamanan dengan Israel . Pernyataan itu dilontarkan setelah pasukan Israel membunuh beberapa warga Palestina selama serangan di Tepi Barat.

“Menurut kami ini bukan langkah yang tepat untuk diambil saat ini,” kata Asisten Menteri Luar Negeri untuk Urusan Timur Dekat, Barbara Leaf, seperti dikutip dari Al Arabiya, Kamis (26/1/2023).



Berbicara kepada wartawan menjelang perjalanan Sekretaris Negara Antony Blinken ke Kairo, Ramallah dan Yerusalem akhir pekan ini, Leaf menggambarkan pembunuhan warga sipil Israel sebagai "disesalkan."

Israel mengatakan sedang melakukan penggerebekan ke Jenin untuk menahan anggota kelompok yang diduga berada di balik sejumlah operasi teror. Pada Kamis malam, Otoritas Palestina mengumumkan bahwa mereka akan menangguhkan koordinasi keamanan dengan Israel.

“Jauh dari mundur dari koordinasi keamanan, kami yakin sangat penting bagi para pihak untuk mempertahankan dan, jika ada, memperdalam koordinasi keamanan,” kata Leaf.



Leaf menyerukan ketenangan dari kedua belah pihak dan mengatakan perjalanan akhir pekan Blinken akan menjadi kesempatan baginya untuk menekankan komitmen pemerintahan Biden terhadap solusi dua negara.

Ketegangan dan kekerasan telah meningkat selama beberapa bulan terakhir, dan kekhawatiran berkembang bahwa situasi dapat sekali lagi lepas kendali setelah pemerintahan Israel yang baru, dipimpin oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan dipandang sebagai salah satu kabinet sayap kanan di sejarah baru-baru ini.

Negara-negara lain, termasuk Arab Saudi, mengutuk serangan Israel di Jenin. Riyadh meminta komunitas internasional untuk memikul tanggung jawabnya untuk mengakhiri “pendudukan, menghentikan eskalasi dan agresi Israel, dan memberikan perlindungan yang diperlukan bagi warga sipil.”
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1112 seconds (0.1#10.140)