Banjir di Malaysia Kian Meluas, Ribuan Warga Johor Bahru dan Sabah Diungsikan

Jum'at, 27 Januari 2023 - 03:30 WIB
loading...
Banjir di Malaysia Kian Meluas, Ribuan Warga Johor Bahru dan Sabah Diungsikan
Banjir di Malaysia Kian Meluas, Ribuan Warga Johor Bahru dan Sabah Diungsikan. FOTO/Reuters
A A A
KUALA LUMPUR - Ribuan pengungsi banjir harus meninggalkan rumah mereka masing-masing di Johor dan Sabah di tengah musim hujan timur laut yang membawa hujan lebat terus menerus ke beberapa negara bagian Malaysia .

Hingga Kamis (26/1/2023) pukul 12 malam, Badan Penanggulangan Bencana Nasional (NADMA) Malaysia mencatat 5.528 korban banjir di Johor dan 6.331 korban banjir di Sabah. Ini meningkat dari 3.937 korban banjir di Johor yang tercatat 24 jam sebelumnya.



Bernama melaporkan bahwa 55 pusat bantuan telah dibuka di Johor pada pukul 8 pagi untuk menampung para pengungsi banjir. Segamat adalah distrik yang paling parah terkena dampak di Johor, diikuti oleh Kluang dan Mersing.

Sementara itu, Sabah telah menampung lebih dari 6.000 pengungsi banjir baru hanya dalam sehari. Menurut Bernama, 26 pusat bantuan banjir dibuka pada pukul 8 pagi pada hari Kamis. Kabupaten yang mencatat lonjakan pengungsi mendadak pada Rabu antara lain Kota Marudu, Kudat dan Paitan.

Departemen Meteorologi Malaysia (MetMalaysia) memperingatkan pada hari Rabu bahwa curah hujan diperkirakan akan berlangsung di beberapa bagian negara, termasuk negara bagian Kalimantan, hingga Senin depan.



Bulan lalu, Wakil Perdana Menteri Malaysia Ahmad Zahid Hamidi, yang merupakan ketua Komite Manajemen Bencana Pusat, menyerukan langkah-langkah jangka panjang segera untuk menyelesaikan masalah banjir di negara tersebut, termasuk proyek mitigasi banjir holistik.

Ahmad Zahid mengatakan bahwa upaya pengelolaan banjir seperti itu, jika selesai, dapat memastikan pengelolaan banjir jangka panjang yang baik hingga tahun 2100.

Banjir merupakan fenomena tahunan di Malaysia akibat musim timur laut yang membawa hujan lebat dari November hingga Maret.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1642 seconds (0.1#10.140)