Pasukan Ukraina Mundur dari Kota Soledar

Rabu, 25 Januari 2023 - 23:34 WIB
loading...
Pasukan Ukraina Mundur dari Kota Soledar
Ukraina mengkonfirmasi pasukannya telah mundur dari kota Soledar. Foto/Ilustrasi
A A A
KIEV - Ukraina pada hari Rabu (25/1/2023) mengkonfirmasi bahwa pasukannya telah ditarik mundur dari kota Soledar di Ukraina timur. Penarikan ini hampir dua minggu setelah pasukan Rusia mengatakan mereka telah merebut kota kecil pertambangan garam itu.

"Untuk menyelamatkan nyawa personel militer, Pasukan Pertahanan mundur dari Soledar," kata juru bicara militer Ukraina Serhiy Cherevatyi seperti dikutip oleh media negara Suspilne yang dilansir dari France 24.

Pernyataannya adalah konfirmasi pertama yang dilakukan Ukraina bahwa pasukan Rusia telah merebut Soledar, yang berada di wilayah Donetsk.

"(Pasukan kami) memenuhi tugas utama mereka: tidak membiarkan musuh secara sistematis menerobos ke arah Donetsk," ujar Cherevatyi.

Baca: Mayat-mayat Bergelimpangan di Soledar, Banyak Tentara Bayaran Asing Tewas

Dia mengatakan garis pertahanan Ukraina di Soledar telah mencegah pasukan Rusia - yang menginvasi Ukraina 11 bulan lalu - menerobos ke garis belakangnya.

Cherevatyi mengatakan pasukan Ukraina tidak pernah dikepung di Soledar selama pertempuran sengit, dan tidak ada tawanan perang Ukraina yang ditangkap.

Soledar, yang memiliki populasi 10.000 sebelum perang, menjadi pusat serangan Rusia selama beberapa minggu di awal Januari, dan pertempuran sengit berkecamuk untuk mendapatkan kendali kota itu. Rusia hampir dua minggu lalu mengklaim bahwa pasukannya telah merebut Soledar, tetapi Ukraina membantahnya.

Penarikan pasukan Ukraina dari Soledar membawa pasukan Rusia selangkah lebih dekat ke Bakhmut, tetapi analis militer mengatakan perebutan kota itu lebih simbolis daripada strategis. Pertempuran di Ukraina timur sebagian besar menemui jalan buntu selama berbulan-bulan.

Moskow telah menggambarkan pertempuran untuk kota yang tidak jauh dari kota Bakhmut di provinsi Donetsk, sebagai kunci untuk merebut semua wilayah Donbas Ukraina, di mana separatis yang didukung Rusia telah memerangi pasukan Ukraina selama hampir sembilan tahun dan menguasai beberapa wilayah sebelum invasi skala penuh Rusia.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2288 seconds (10.101#12.26)